7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung

0
604
7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung

7 Cara Menjaga Kesehatan Jantung – Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor 1 di dunia. Orang dengan kondisi ini seringkali tidak menduga dirinya mengidap penyakit jantung hingga terjadi serangan.

baca juga : Manfaat Minum Air Hangat Pada Pagi Hari Untuk Kesehatan

Mari kita simak,  7 cara menjaga kesehatan jantung untuk mencegah penyakit jantung koroner.

Menerapkan Pola makan sehat

Perhatikan pola makan Anda setiap hari.Salah satu penyebab penyakit jantung adalah makanan yang kaya lemak dan garam, seperti makanan cepat saji, daging asap, sosis dan kebanyakan makanan yang sudah diolah dengan cara digoreng. Jika ingin menjaga kesehatan jantung, mulailah mengonsumsi makanan segar seperti sayuran, kacang-kacangan, dan salmon.

Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur atau setidaknya aktivitas fisik ringan dapat membantu jantung kita tetap sehat. Saat kita berolahraga (yang tentunya diawali dengan pemanasan yang benar), jantung memompa lebih banyak darah untuk membuat pembuluh darah kita lebih lentur. Selain itu, oksigen didistribusikan ke seluruh bagian tubuh kita untuk membuat kita merasa lebih baik.

Mengontrol berat badan supaya dapat menghasilkan berat badan ideal

Mempertahankan berat badan ideal tidak hanya membuat Anda tetap sehat, tapi juga membuat tubuh menjadi lebih ringan dan mudah digerakkan saat berolahraga.Batasi makan atau minum makanan dengan banyak gula dan garam. Selalu kendalikan berat badan Anda dengan merencanakan menu mingguan yang sehat. Ada cara sederhana untuk memperkirakan berat badan ideal, yaitu dengan menggunakan rumus Broca. Karena pria dan wanita memiliki massa otot yang berbeda, formula yang dibuat oleh Pierre Paul Broca ini berbeda untuk pria dan wanita :

Pengukuran berat badan ideal pria:

(tinggi badan – 100) – (tinggi badan – 100) x 10%) = berat badan ideal pria

Contoh Mengukur berat badan ideal seorang pria dengan tinggi badan 170 cm.
(170 – 100) – (170 – 100) x 10%) = 63 kg.

Pengukuran berat badan ideal wanita:

(Tinggi Badan – 100) – (Tinggi Badan – 100) x 15 %) = Berat Badan Ideal Wanita

Contoh Mengukur berat badan seorang wanita dengan tinggi badan 160 cm.
(160 -100) – (165-100) x 15%) = 50 kg.

Ingatlah bahwa rumus ini tidak selalu akurat, karena banyak faktor seperti usia dan proporsi tubuh yang memengaruhi berat badan ideal seseorang, tetapi dapat menjadi perkiraan kasar berat badan ideal Anda.

Mengatur kolesterol darah

Menjaga kesehatan jantung juga perlu diperhatikan dengan cara mengontrol kolesterol darah. Anda bisa melakukannya dengan melakukan pemeriksaan darah rutin di rumah sakit atau mandiri di rumah dengan kit yang dijual di berbagai pasar.

Minum air putih 8 gelas sehari

Minum air putih secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 5 % pada pria dan 1% pada wanita. Hal ini karena air dapat mengencerkan kandungan garam dalam darah sehingga memudahkan jantung untuk memompa darah segar ke seluruh tubuh. Pada umumnya kita dapat mengecek kebutuhan tubuh kita akan air dengan memperhatikan urine, jika warnanya gelap berarti tubuh kita membutuhkan lebih banyak air. Minum air putih 8 gelas sehari merupakan kebiasaan yang baik, karena memiliki banyak manfaat bagi jantung dan tubuh kita.

Beristirahat yang cukup

Tidak hanya jantung kita bekerja lebih keras saat kekurangan nutrisi dan air, tingkat stres dan tekanan darah juga sangat memengaruhinya. Ketika Anda memaksakan tubuh Anda hingga batasnya, banyak bagian tubuh Anda menjadi terganggu, terutama jantung Anda. Istirahat yang cukup memastikan metabolisme Anda bekerja secara optimal, stres dikelola dengan lebih baik, dan tekanan darah normal.

Jangan Merokok

Peringatan pada bungkus rokok tidak dibuat tanpa alasan. Menurut WHO, 1,9 juta orang meninggal setiap tahun akibat penyakit jantung terkait tembakau. Nikotin dan karbon monoksida dari rokok tidak hanya merusak paru-paru, tetapi juga sangat berbahaya bagi jantung manusia. Jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung, berhentilah merokok sekarang.

SHARE