Tips Feng Shui Tata Letak Meja Kerja Yang Baik

0
21115

Tips Feng Shui Tata Letak Meja Kerja Yang Baik – Konsep Feng Shui atau Topografi kuno Tiongkok selama ini hanya di terapkan pada tata letak ruang saja. Padahal sebenarnnya, Feng Shui juga dapat di terapkan dalam tata letak meja kerja. Banyak orang percaya, dengan menerapkan fengshui akan menyeimbangkan kehidupan dengan menerima Qi atau energi positif.

Berikut adalah beberapa Feng Shui yang mungkin bisa Anda terapkan di meja kerja Anda.

  1. Pancarkan Qi, Kurangi Sha Qi

Prinsip dari Feng Shui adalah menyelaraskan Anda dengan lingkungan sekitar Anda yaitu dengan meningkatkan hal-hal baik dan mengurangi hal-hal buruk, baik dari lingkungan maupun diri sendiri. Konsep ini berdasarkan energi positif atau yang disebut Qi.


iatas meja kerja Anda. Tempatkan di sebelah komputer agar Anda bisa melihat sekeliling. Tidak melihat kegiatan teman-teman di kantor dapat menyebabkan perasaan tidak menyenangkan. Dengan menerapkan ini, maka Anda akan mendapatkan pancaran energi Qi dari teman-teman kantor.

Menurut pakar Feng Shui,Jenie Kumala Dewi dilansir dari segiempat ada beberapa aturan penempatan meja yang bisa menghasilkan keseimbangan dan energi yang baik yang dapat Anda coba, Antara lain:

  • Meja harus bersandar pada dinding dan lantai yang stabil. Meja tidak boleh berhadapan langsung dengan pintu masuk atau membentuk posisi tusuk sate.
  • Kursi dan meja kerja tidak boleh dalam posisi membelakangi jendela. Selain itu, Anda juga tidak boleh menaruh kursi pada posisi yang akan membelakangi meja. Tetapi jika hal tersebut tidak memungkinkan, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan tirai tebal atau menutup jendela hingga rapat. Selain itu posisi meja Anda juga tidak boleh selurus dengan jendela, Anda harus menggesernya sedikit ke samping.
  • Untuk meja pimpinan, sebaiknya tidak segaris dengan pintu masuk dan tempatnya harus menunjukkan karismanya sebagai seorang pemimpin.
  • Ukuran meja kerja dari seorang pimpinan harus lebih besar daripada ukuran meja kerja yang digunakan oleh bawahannya.
  • Meja harus memiliki permukaan yang tidak bolong dan lurus. Bentuknya juga tidak boleh abstrak dan stabil. Untuk kaki meja, strukturnya harus kuat, kokoh dan stabil.
  • Benda-benda yang lebih tinggi dari meja kerja seperti tembok, lemari dan rak buku sebaiknya tidak diletakkan di depan meja kerja.
  • Agar aktivitas lancar dan maksimal, sebaiknya perabotan yang berada di ruang kerja diletakkan secara seimbang dengan pertimbangan jumlah orang yang beraktivitas di ruangan tersebut.
  • Anda bisa menggunakan beberapa symbol keberuntungan sebagai hiasan meja seperti benda dari Kristal untuk mencegah energi negative, hiasan bambu hoki untuk kesuksesan karir, foto ikan sebagai simbol kemakmuran dan lukisan laut untuk inspirasi pemikiran dan ide. Dan untuk kelancaran aktvitas, sebaiknya Anda melakukan penataan meja dengan rapi.

office-command-position-feng-shui

  1. Bersihkan Meja Kerja

Kebanyakan Meja Kerja memiliki ukuran yang terbatas sehingga banyak tumpukan-tumpukan kertas dan peralatan tulis yang berantakan. Tumpukan kertas ini dapat mengurangi energi Qi dan meningkatkan energi Sha Qi.



Tatalah meja kerja Anda agar terlihat rapi, pilihlah kertas mana yang masih di pakai dan tidak. Selain mengurangi Qi, meja yang berantakan akan membuat Anda kesulitan dalam mencari barang dan mengurangi efisiensi kerja Anda.

  1. Keseimbangan Warna dan Dekorasi

Warnai meja kerja Anda dengan warna-warna lembut sesuai dengan kemauan Anda bukan karena Tren. Pilihlah warna yang tidak terlalu mencolok, Anda bisa memilih biru langit, hijau atau ungu muda. Warna tersebut bisa meningkatkan kesehatan dan kekuatan mental Anda dalam bekerja.

Agar anda mendapatkan energi positif, tempatkanlah pot kecil berisi tanaman seperti kaktus atau taruhlah foto dekorasi untuk meningkatkan kreativitas Anda. Untuk meningkatkan kemakmuran, Anda bisa meletakkan air terjun mini sebagai hiasan meja yang di percaya bisa meningkatkan konsentrasi dan karier Anda.

5. Menetapkan Feng Shui bagua

Menurut feng-shui-and-beyond.com, Meja kerja merupakan pusat/tempat Anda menjalankan bisnis. Penempatan benda sesuai posisi bagua feng shui diposisi yang tepat dapat mendukung bisnis Anda.  Gambar di atas adalah contoh menunjukkan bagaimana Anda dapat mengatur meja sesuai dengan feng shui peta bagua. Tanaman bambu atau kalkulator  di daerah kemakmuran; lampu di daerah reputasi; foto dari pasangan bahagia atau 2 mawar merah di area hubungan; pena, spidol, dan gunting di daerah kreativitas; telepon di daerah membantu orang; komputer di wilayah karir; buku-buku referensi didaerah pengetahuan; dan kotak bunga diisi dapat diisi barang yang ada hubungan dengan keluarga.

6. Menempatkan barang yang meningkatkan energi baik berdasarkan Shio untuk meningkatkan kemakmuran.

  • Tikus, monyet dan naga termasuk unsur air di lima unsur dan logam menghasilkan air, sehingga meja kantor cocok ditempatkan dengan benda logam seperti dekorasi logam.
  • Harimau, kuda dan anjing termasuk unsur api di lima unsur dan kayu menghasilkan api, sehingga meja kantor cocok ditempatkan dengan barang kayu seperti tanaman hijau;
  • Babi, kambing dan kelinci termasuk unsur kayu di lima elemen dan air menghasilkan kayu, sehingga meja kantor cocok ditempatkan dengan unsur air atau tanaman air;
  • Ular, ayam dan sapi termasuk unsur logam dalam lima elemen dan bumi menghasilkan logam, sehingga meja kantor cocok ditempatkan dengan warna kuning/ coklat atau pot berisi tanah, dibudidayakan tanaman.

Inilah artikel tentang Pengaturan Meja Kerja Menurut Feng Shui.

SHARE