Tips Desain Rumah Modern Tropis yang Nyaman di Cuaca Ekstrem

0
94

Tips Desain Rumah Modern Tropis yang Nyaman di Cuaca Ekstrem

  • Rumah bergaya modern tropis harus mengutamakan kesejukan dan ruang terbuka sesuai iklim Indonesia.
  • Pemilihan warna netral, material alami, dan perabotan yang seimbang menciptakan suasana nyaman dan menarik.
  • Pencahayaan alami, ventilasi yang memadai, serta penggunaan lampu canggih dapat meningkatkan kenyamanan hunian.

 

Memiliki hunian yang nyaman dan menawan jadi impian banyak orang supaya lebih betah tinggal. Untuk mencapai impian tersebut, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memilih desain interior yang sesuai dengan iklim atau cuaca setempat. Dengan begitu, rumah gak hanya akan terlihat estetis tetapi juga nyaman.

Fransiska Darmawan, General Manager Marketing in-Lite di IndoBuildTech Expo 2024 di Jakarta, pada Rabu (7/8/2024), mengungkapkan, “Dengan iklim tropis Indonesia yang konsisten sepanjang tahun, desain rumah harus mengutamakan kesejukan dan ruang terbuka. Inilah sebabnya konsep modern tropis adalah solusi ideal untuk menciptakan kenyamanan sesuai iklim kita”.

Kombinasikan open space dan taman kering yang elegan

Rumah bergaya modern tropis punya ciri khas tata ruang terbuka yang memberi kesejukan alami di tengah cuaca yang panas. Kamu bisa pilih konsep open space yang buat ruangan jadi tampak lebih lega dengan sirkulasi udara yang merata.

Untuk menambah nilai estetika, kamu bisa juga kombinasikan dengan taman kering yang mengoptimalkan pencahayaan alami. Dengan cara ini, kamu jadi gak perlu banyak menggunakan lampu di siang hari. Kemudian untuk pencahayaan di malam hari, Fransiska menyarankan memilih uplight atau groundlight.

Memasang ground light di lantai dengan pencahayaan mengarah ke atas bisa memberikan kesan elegan pada rumah, terutama saat malam hari. Teknik ini dapat memendarkan cahaya ke dinding, membuatnya efektif untuk menonjolkan tekstur dinding dan menerangi taman kering,” jelasnya.

 

Gunakan warna netral

Tips Desain Rumah Modern Tropis yang Nyaman di Cuaca Ekstrem

Selain menatanya dengan tepat, pemilihan warna yang sesuai juga bisa menambah kenyamanan dalam rumah. Pemilihan warna-warna netral seperti putih, krem, abu-abu, dan hijau pada ruangan dan furnitur bisa memberikan kesan hangat dan membuat penghuni rumah merasa lebih rileks setelah beraktivitas seharian.

Fransiska menambahkan saran, “Hindari penggunaan warna cerah yang terlalu mencolok, seperti merah, biru, dan ungu pada rumah berkonsep modern tropis. Untuk mencapai tampilan yang modern namun tetap berkarakter, kamu bisa mengkombinasikan satu warna cerah dan dengan warna netral, atau memilih dekorasi berbahan kayu, rotan, atau bebatuan”.

Ciptakan suasana zen dengan kombinasi perabot alami

Tips Desain Rumah Modern Tropis yang Nyaman di Cuaca Ekstrem

Kemudian, untuk perabotannya bisa pilih dari material alami yang ciptakan keseimbangan yang menenangkan dan menambah keindahan serta kedamaian di dalam rumah. Pendekatan ini bisa menciptakan suasana zen yang sekaligus membuat rumah tampak semakin menarik dan nyaman untuk dipandang.

“Menggabungkan berbagai tekstur, seperti dinding bata kasar dengan perabot kayu yang hangat, sering digunakan untuk menambah dimensi visual dan memperkuat kesan alami. Kontras antara berbagai permukaan ini membuat setiap elemen lebih menonjol dan memberikan karakter unik pada ruangan,” tutur Fransiska.

 

Tips Desain Rumah Modern Tropis yang Nyaman di Cuaca Ekstrem

Baca Juga: Selain Dapur Estetik Kamar Mandi Juga Perlu Sentuhan Estetik

Terapkan layered lighting untuk efek modern

Untuk menciptakan nuansa modern tropis yang memukau, pertimbangkan juga memilih langit-langit yang tinggi atau high ceiling. Biar memaksimalkan pencahayaan di siang hari, kamu bisa padukan dengan ventilasi yang memadai. Lalu untuk malamnya, kombinasikan dengan layered lighting yang sesuai dengan konsep setiap ruangan.

Fery Darmawan, General Manager Product Development in-Lite LED, menjelaskan, “Memiliki lampu yang canggih bukan lagi sekadar pilihan, tapi telah menjadi kebutuhan. Lampu yang dapat terhubung dengan berbagai teknologi yang memudahkan dalam mengontrol ambience ruangan sesuai keinginan. Dengan teknologi Lighting 3.0 yang semakin canggih, kamu bisa mengoptimalkan pencahayaan rumah dengan lebih modern dan praktis”.

Salah satu rekomendasi produk terbaiknya in-Lite adalah in-Lite Ultra-Thin Tracklight INTA88. Lampu dengan desain rel tipis ini punya variasi cahaya yang beragam dan bisa dikendalikan menggunakan remote dengan mudah.

Produk-produk lampu ini juga sangat fleksibel untuk dipasang dan diganti. Jadi, jika kamu bosan dengan penataan lampu yang sudah ada, kamu bisa dengan mudah menata ulang sesuai keinginan.

Makin alami dengan tanaman hijau

Tips Desain Rumah Modern Tropis yang Nyaman di Cuaca Ekstrem

Terakhir, jangan lupa juga untuk menambahkan tanaman hijau di interior dan eksterior rumahmu. Untuk area eksterior bisa ditanami dengan ragam tanaman hias hijau yang menambah kesan asri.

Sementara, untuk interior bisa pilih tanaman hias palsu di beberapa titik, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dekat tangga, dan area lain. Hal tersebut bisa ciptakan suasana yang segar di setiap sudut hunian.

“Agar tampilan tanaman dan tangga tetap menawan di malam hari, pastikan untuk menerangi area tersebut dengan steplight. Dengan pendaran cahaya yang beragam, tentunya dapat meningkatkan estetika. Steplight juga berfungsi untuk meningkatkan keamanan dengan menerangi tangga, sehingga memudahkan pergerakan dan memastikan keamanan saat orang naik turun tangga di malam hari,” pungkas Fransiska.

Itulah beberapa tips untuk membuat hunian berkonsep modern tropis agar lebih nyaman untuk ditempati. Kini, kamu bisa menerapkan tips tersebut saat menentukan konsep serta desain interior rumah impianmu.