10 Manfaat Memelihara Hewan di Rumah

0
9205
Manfaat Memelihara Hewan di Rumah
sumber : drhilman.com

10 Manfaat Memelihara Hewan di Rumah

Hewan peliharaan pada dasarnya adalah hewan yang dipelihara dengan tujuan untuk menemani manusia. Hewan peliharaan tentu berbeda dengan hewan ternak atau hewan percobaan yang dipelihara untuk kepentingan ekonomi atau melakukan tugas tertentu. Dan belakangan diketahui bahwa hewan peliharaan juga mempunyai banyak manfaat.

Hewan yang dapat menjadi hewan peliharaan sebenarnya bisa apa saja. Bisa hewan jinak, bisa pula hewan buas. Tapi biasanya, kebanyakan orang memelihara binatang jinak yang imut juga lucu.

Hewan jinak merupakan hewan yang telah dijinakan dan dibuat cocok dengan lingkungan manusia. Hewan-hewan ini telah ditangkap dari alam dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga kelakuannya sedikit banyak berubah, berbeda dari hewan-hewan satu spesies yang tinggalnya di alam liar. Hewan jinak ini terdiri dari hewan mamalia seperti kucing, kelinci, anjing, hamster, dan kelinci. Burung seperti beo dan kenari, serta ikan seperti koi dan ikan mas.


sendiri belum ada data otentik mengenai berapa jumlah hewan yang menjadi peliharaan. Hasil survey tersebut menunjukan bahwa hewan jinak lebih banyak dipelihara oleh manusia daripada hewan buas.

Hewan peliharaan ternyata tidak hanya lucu serta menggemaskan, tetapi juga memiliki banyak manfaat dilihat dari sisi psikologis maupun kesehatan fisik. Berikut adalah manfaat dari memelihara hewan peliharaan yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Mengurangi Stress dan Meringankan Depresi

Hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan hamster,terkadang bertingkah lucu yang dapat membuat kita tersenyum hingga tertawa. Tersenyum atau tertawa ternyata dapat memicu hormon endorphin yang pada akhirnya akan membuat kita merasa rileks, senang, bahagia, lebih percaya diri, dan berpikir positif. Beban pekerjaan di kantor atau aktivitas yang cukup padat dapat sedikit terlupakan dengan melihat tingkah menggemaskan hewan-hewan tersebut.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Karen Alen, seorang peneliti dari sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Negeri New York di Buffalo menyatakan bahwa hewan peliharaan sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dapat menghindarkan kita dari resiko lanjutan tekanan darah tinggi yaitu stroke dan penyakit jantung.

3. Meningkatkan Kebugaran dan Menurunkan Kolesterol



Pemilik hewan peliharaan tentu tahu bahwa hewan peliharaannya harus sering diajak jalan-jalan karena sama halnya dengan manusia, hewan pun punya rasa jenuh. Dengan berjalan-jalan terutama di pagi hari, selain mendapatkan udara segar kita pun menjadi lebih bugar dan kadar kolesterol menurun. Berjalan-jalan dapat melonggarkan pembuluh darah sehingga darah mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskuler

Penyakit kardiovaskuler merupakan penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit ini diantaranya diakibatkan oleh hipertensi atau darah tinggi dan kolesterol. Memelihara hewan dapat menurunkan tekanan darah, hal ini berarti memelihara hewan dapat mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskuler.

5. Mencegah Alergi Pada Anak

Kasus alergi pada anak biasanya disebabkan oleh bulu hewan. Dengan memelihara hewan, terutama hewan yang berbulu ketika anak berusia kurang dari enam bulan, anak sudah dibiasakan dari awal untuk bersentuhan dengan bulu binatang. Hal ini dapat menyebabkan anak terbiasa dengan bulu dan mencegah mereka dari alergi. Sebuah penelitian bahkan menunjukan bahwa anak yang hidup dengan hewan peliharaan lebih kebal terhadap alergi, demam musiman, dan eksema.

6. Mempererat Hubungan Keluarga

Memelihara hewan peliharaan sebaiknya merupakan hewan yang disukai oleh semua anggota keluarga. Dengan demikian sebagian anggota keluarga tidak ada yang merasa keberatan ketika mereka harus memberi makan, memandikan, dan mengajak jalan-jalan hewan peliharaan bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain. Memelihara hewan bersama-sama secara tidak langsung akan mempererat hubungan keluarga.

7. Melatih Bertanggung Jawab

Hewan peliharaan tentunya harus dipelihara bukan hanya untuk dilihat dan dinikmati saja. Memelihara hewan sama seperti kita memelihara diri kita sendiri. Hewan butuh makan, minum, dijaga kebersihannya, dan bercengkrama. Dengan demikian kita dituntut untuk bertanggung jawab atas apa yang kita pelihara jika kita tidak ingin hewan peliharaan kita menderita, sakit, atau bahkan mati.

8. Membuat Lebih Rajin

Merawat hewan peliharaan dengan tulus niscaya akan membuat kita menjadi lebih rajin. Kita tentu tidak ingin hewan kita mati atau menderita sakit akibat telat diberi makan atau telat dibersihkan. Dengan begitu kita dituntut untuk selalu beraktivitas dan tidak bermalas-malasan, dengan kata lain kita terbiasa menjadi rajin.

9. Menjadikan Pribadi Yang Lebih Baik

Memelihara hewan peliharaan tidaklah semudah yang orang bayangkan. Hewan juga butuh kasih sayang, dengan demikian kita menjadi mudah berempati. Bahasa hewan dan manusia sudah tentu berbeda, dengan begitu kita menjadi tidak mudah marah jika hewan kita tiba-tiba berlaku tidak seperti biasanya. Secara tidak sadar, kita menjadi pribadi yang lebih baik, pribadi yang dapat berempati, penuh kasih sayang, dan tidak mudah marah.

10. Membuat Betah di Rumah

Hewan peliharaan tidak dipungkiri membuat suasana rumah menjadi lebih berwarna. Tingkahnya yang lucu, menggemaskan atau kadang menyebalkan membuat rumah menjadi lebih semarak. Di antara pecinta hewan bahkan ada yang mengibaratkan hewan seperti anaknya sendiri. Saking sayangnya, mereka selalu terbayang dan rindu dengan hewan peliharaannya. Dan tentunya hal ini membuat mereka, atau kita, menjadi betah di rumah.

Itulah sekilas mengenai hewan peliharaan beserta manfaatnya. Bagi yang sudah memiliki hewan peliharaan tentu merasa bersyukur melihat manfaatnya. Bagaimana dengan anda yang belum memiliki, tertarik untuk memeliharanya?

SHARE