Penting! Inilah 5 Bau Badan Yang Berbahaya Jika Dibiarkan

0
819
5 Bau Badan Yang Berbahaya Jika Dibiarkan

Penting! Inilah 5 Bau Badan Yang Berbahaya Jika Dibiarkan – Bermasalah dengan bau badan bagi sebagian orang merupakan hal yang sangat mengganggu. Biasanya setelah berolahraga berat atau baru makan bawang atau jengkol, tubuh anda akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Biasanya bau badan yang biasa dapat dihilangkan dengan mandi yang bersih atau menggunakan deodoran. Atau jika bau berasal dari mulut, bisa diatasi dengan menyikat gigi hingga bersih.

Tetapi tidak semua bau badan mudah dihilangkan. Dalam beberapa kasus, bau badan bisa mengindikasikan adanya gangguan pada kesehatan tubuh. Bukan hanya bau badan dari ketiak, melainkan bau dari mulut hingga kotroan anda.

Baca Juga :


Berikut 5 Bau Badan yang berbahaya jika dibiarkan.

1. Bau mulut seperti buah-buahan.

5 Bau Badan Yang Berbahaya Jika Dibiarkan
5 Bau Badan Yang Berbahaya Jika Dibiarkan

Jika mulut jadi berbau seperti buah, maka anda terindikasi terkena diabetes. Hal ini disebabkan oleh suatu komplikasi diabetes bernama ketosidosis diabetes, yang terjadi ketika tubuh Anda kekurangan insulin dan gula darah melonjak naik. Biasanya diabetesi yang mengalami komplikasi ini adalah mereka yang menderita diabetes tipe 1.

Efek dari komplikasi ini bisa jadi serius, bahkan mengancam nyawa. Ini bisa membuat Anda muntah dan buang air kecil secara terus-menerus, sehingga membuat tubuh Anda kekurangan cairan.

Ketosidosis diabetes biasanya terjadi diiringi oleh simtom lain, seperti kelelahan, pandangan kabur, dan berat badan turun tanpa alasan. Namun dalam kebanyakan kasus, orang-orang sering tak menyadarinya, sehingga membuat diagnosis dan pengobatan komplikasi ini jadi terlambat.

2. Bau kaki

5 Bau Badan Yang Berbahaya Jika Dibiarkan
5 Bau Badan Yang Berbahaya Jika Dibiarkan

Banyak orang yang sering bermasalah dengan bau kaki. Terutama bagi orang yang sering memakai sepatu tertutup. Hal ini terjadi karena infeksi dari jamur. Jika Anda melihat ada kulit kering dan pecah-pecah di sekitar jari kaki, kemerahan, dan lecet, Anda bisa jadi menderita athlete’s foot.

Kaki Anda bisa jadi juga menguarkan bau tengik, yang disebabkan oleh kombinasi dari bakteri dan jamur yang mengerosi kulit dan selaput jari kaki. Jika Anda menggaruk kaki yang lecet tadi, lalu menyentuh bagian lain tubuh, Anda bisa menyebarkan jamur tadi ke area-area lain di tubuh, seperti selangkangan atau ketiak. Hal ini bisa menyebabkan munculnya bau di area tersebut.

Athlete’s foot adalah salah satu penyakit kulit yang bisa Anda dapat dari pusat kebugaran. Untuk melindungi kaki, gunakanlah sepatu di ruang ganti. Karena jamur paling suka hidup di tempat lembap, cobalah gunakan bedak tabur untuk menjaga kulit tetap kering.

Untuk menghilangkan penyakit kulit ini, Anda bisa menggunakan semprotan antijamur, yang bisa ditemukan di apotek. Jika masalah ini terus berlangsung sampai dua minggu, kunjungi dokter.

3. Bau napas

5 Bau Badan Yang Berbahaya Jika Dibiarkan
5 Bau Badan Yang Berbahaya Jika Dibiarkan

Bau napas pastinya membuat orang jadi kurang pede. Sering kali kalian sudah menggosok gigi secara teratur tapi tetap saja masalah bau napas muncul. Bisa jadi anda menderita sleep apnea, gangguan tidur yang membuat napas berhenti dan mulai lagi secara acak.

Sleep apnea bisa menyebabkan Anda mendengkur parah, membuat Anda jadi harus bernapas lewat mulut sepanjang malam. Hal ini bisa membuat mulut jadi sangat kering, yang adalah penyebab umum bau napas tidak enak.

Kondisi ini jadi memungkinkan bakteri untuk berkembang biak lebih cepat. Dan ketika hal ini terjadi, bakteri tadi akan memproduksi gas belerang yang membuat napas jadi berbau seperti telur busuk.

Sangat penting untuk segera mendiagnosis sleep apnea. Gangguan tidur ini memiliki hubungan kuat dengan diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Jadi, lebih cepat ditangani akan memperkecil risiko Anda terkena penyakit-penyakit tadi.

4. Bau feses

5 Bau Badan Yang Berbahaya Jika Dibiarkan
5 Bau Badan Yang Berbahaya Jika Dibiarkan

Feses memang memiliki bau yang tidak sedap. Tetapi jika bau feses anda sudah tidak normal atau tidak seperti biasanya, anda harus memerikasakannya ke dokter. Ketika usus kecil tidak memproduksi enzim laktase dalam jumlah yang cukup, dia jadi tidak bisa memproses laktosa, gula yang ditemukan di dalam produk susu.

Jadi usus kecil akan langsung mengirimkan laktosa ke usus besar–bukannya aliran darah–dimana bakteri usus akan menfermentasinya. Hal ini bisa menyebabkan feses jadi berbau busuk, perut kembung, dan kentut yang bau.

Intoleransi laktosa cukup umum. Bahkan, diperkirakan 65 persen orang memiliki kesulitan mencerna produk susu, menurut data National Institute of Health, AS. Namun reaksinya, termasuk kram perut yang menyakitkan, diare, dan muntah-muntah, sekaligus kentut dan feses yang bau, bisa berbeda-beda pada setiap orang.

5. Bau urine

5 Bau Badan Yang Berbahaya Jika Dibiarkan

Infeksi saluran kemih bisa memproduksi bau yang sengit, hampir-hampir seperti obat, pada urine. Hal ini terjadi setelah bakteri, seringnya E. coli, masuk ke dalam saluran kemih dan uretra. Lalu, mereka berkembang biak di kandung kemih, dan menyebabkan infeksi.

ISK lebih sering terjadi pada wanita dibanding pria. Ini karena uretra wanita saluran yang mengeringkan kandung kemih lebih pendek. Jadi jika Anda mencium bau urine yang sengit, segera periksakan diri ke dokter.

Itulah 5 bau badan yang berbahaya jika dibiarkan. Jangan lupa langsung cek ke dokter jika mengalami 5 bau badan diatas. Semoga bermanfaat.

 

 

LEAVE A REPLY