5 Buah untuk Penderita Asam Lambung

0
383
5 Buah untuk Penderita Asam Lambung

5 Buah untuk Penderita Asam Lambung – Penderita penyakit asam lambung sangat perlu memperhatikan pilihan makanannya. Sebab, sebagian besar penyebab kambuhnya asam lambung adalah karena pilihan makanan yang buruk. Hal yang sama berlaku untuk makan buah. Buah-buahan yang tidak terlalu asam, seperti apel, alpukat, dan melon, lebih baik dikonsumsi penderita asam lambung. Buah jeruk seperti lemon dan jeruk ternyata dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

baca juga : Cara Menghilangkan Batuk

Penderita asam lambung selalu disarankan untuk memperhatikan apa yang dikonsumsinya, baik itu makanan atau minuman, bahkan buah-buahan. Ada buah-buahan yang tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung, yaitu buah-buahan dengan kandungan asam yang tinggi. Namun Anda tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa buah-buahan yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

5 Buah utk Penderita Asam Lambung

1.Pisang

Pisang merupakan buah yang rendah asam sehingga sangat aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Pisang dapat melapisi kerongkongan yang teriritasi karena keasaman lambung yang meningkat. Buah berwarna kuning ini dipercaya dapat membantu menetralkan asam lambung dan meredakan gejala maag. Tak hanya itu, pisang juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Semakin sehat sistem pencernaan Anda, semakin rendah risiko terkena asam lambung.

  1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang dapat digunakan untuk mengolah berbagai makanan atau minuman, seperti jus, es buah campur atau sebagai isian sandwich. Untungnya, alpukat tergolong buah yang rendah asam sehingga aman dikonsumsi penderita asam lambung.

  1. Melon

Melon juga merupakan buah yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang menderita asam lambung. Tidak mengherankan jika melon mengandung magnesium yang membuatnya bersifat basa. Jadi Anda tidak perlu khawatir atau takut asam lambung Anda akan naik setelah mengonsumsi buah ini. Selain itu, melon juga ternyata mengandung potasium yang baik untuk kesehatan jantung, dan antioksidan yang membantu mencegah peradangan.

4.Pepaya

Bagi mereka yang berjuang dengan gejala sakit maag, pepaya mungkin bisa menjadi jawabannya. Pepaya menjadi salah satu rekomendasi buah untuk penderita asam lambung yang bisa Anda coba. Pepaya mengandung enzim papain yang berguna untuk memperlancar proses pencernaan dan mendorong pemecahan protein, sehingga protein lebih mudah dipecah menjadi asam amino.

  1. Apel

Buah untuk penderita sakit asam lambung selanjutnya adalah apel. Hal ini karena apel tinggi serat dan merupakan sumber kalsium, potasium, dan magnesium. Zat-zat tersebut rupanya berperan penting dalam meredakan gejala sakit asam lambung, seperti sakit maag. Namun disarankan untuk memilih apel yang manis, karena apel hijau biasanya memiliki rasa asam dan sebaiknya dihindari.

Selain pemilihan makanan, upaya pengendalian asam lambung juga harus mencakup penerapan pola hidup sehat, seperti tidak terlambat makan, rutin berolahraga,  berhenti begadang, berhenti merokok, dan sebagainya. Meski terkadang bisa sembuh dengan sendirinya, Namun sakit asam lambung bukanlah penyakit yang bisa dianggap remeh. Gejalanya bahkan seringkali dapat mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya. Jadi segera konsultasi ke dokter jika Anda mengalami sakit perut yang tidak kunjung hilang.

SHARE