Cara Menghilangkan Batuk

0
217
Cara Menghilangkan Batuk

Cara Menghilangkan Batuk dengan Obat Rumahan – Sebagai pertolongan pertama, ada beberapa cara untuk menghilangkan batuk. Mulai dari mengonsumsi madu, berkumur dengan air garam, hingga memperbanyak asupan cairan.

baca juga : Tips lebih banyak minum air putih

Batuk yang disebabkan oleh pilek, alergi, dan infeksi sinus dapat diobati dengan beberapa obat yang dijual bebas.

Namun, jika Anda ingin mengobati batuk Anda dengan pilihan lain, berikut beberapa pengobatan rumahan yang bisa Anda pertimbangkan :

1.Madu

Madu telah lama digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Madu bahkan dapat meredakan batuk lebih efektif dibandingkan obat bebas yang mengandung dekstrometorfan. Anda bisa membuat obat batuk sendiri di rumah dengan mencampurkan dua sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon.

2.Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Meski probiotik tidak secara langsung meredakan batuk, namun dapat membantu menyeimbangkan flora gastrointestinal atau bakteri alami yang hidup di usus manusia.

Cara paling alami untuk mendapatkan probiotik, misalnya dengan makanan fermentasi: Yogurt, Kefir, Tempe, Kimchi.

3. Minuman Hangat

Minuman seperti teh hangat atau air lemon hangat dapat meredakan rasa perih atau sakit tenggorokan akibat batuk. Minuman hangat juga dapat membantu mengencerkan lendir yang tersangkut di tenggorokan saat batuk. Selain itu, cairan hangat dapat membantu mengencerkan lendir sehingga lebih mudah keluar.

4. Tingkatkan Asupan Cairan

Meningkatkan asupan cairan adalah obat yang baik untuk batuk. Tetap terhidrasi dengan baik adalah cara yang bagus untuk menghilangkan lendir yang encer. Anda bisa mendapatkan cairan tidak hanya dari minum, tapi juga dari sup ayam atau sup daging.

5. Kumur dengan Air Asin

Cara ini mungkin tergolong sederhana, namun berkumur dengan air garam ternyata bisa membantu meredakan tenggorokan gatal penyebab batuk. Campuran ¼ hingga ½ sendok teh garam dalam segelas air hangat dapat meredakan iritasi.

6. Minum Air Jahe

Jahe telah lama dikenal sebagai obat tradisional yang terkenal dan sering digunakan untuk meredakan berbagai penyakit, termasuk batuk. Mengonsumsi air jahe dipercaya dapat membantu mengendurkan otot pernafasan. Manfaat ini dapat meredakan gejala asma dan batuk.

SHARE