Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

0
373
Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Manfaat Puasa Bagi KesehatanMeningkatkan spiritual dan mencari pengampunan dari Allah SWT adalah beberapa alasan utama mengapa seseorang berpuasa. Berpuasa merupakan suatu kegiatan yang membawa berbagai kebaikan, sehingga bulan Ramadan yang selalu dinanti-nanti.

baca juga : Lakukan Teknik Pernapasan yang Baik Agar Tidak Mual Saat Puasa

Perlu dicatat ternyata puasa memiliki manfaat bagi kesehatan, mulai dari memperbaiki gula darah hingga mengurangi peradangan.

Berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yaitu :

Memperbaiki Gula Darah

Puasa bermanfaat bagi penderita diabetes karena dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan kelebihan gula darah. Hal ini bisa terjadi karena insulin membantu mengontrol gula darah dalam tubuh dengan membawa gula ke dalam sel tubuh dan mengubahnya menjadi sumber energi.

Mengurangi Kolesterol Tubuh

Manfaat puasa lainnya dirasakan pada kadar kolesterol tubuh. Ini karena puasa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat LDL (low-density lipoprotein). Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir kolesterol akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan komplikasi seperti serangan jantung. Selain itu puasa juga bisa menurunkan kolesterol.

Mengurangi Lemak Tubuh

Terkadang dokter menganjurkan agar Anda mengurangi lemak tubuh atau menurunkan berat badan untuk mengurangi risiko kondisi tertentu, seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung. Jika Anda mengurangi lemak karena alasan kesehatan, puasa dapat membantu mengurangi asupan kalori dan mendorong tubuh Anda untuk membakar lemak berlebih.

Menjadi Metode Detoks

Selain itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) juga mencatat bahwa salah satu manfaat puasa adalah mendorong proses detoksifikasi. Detoksifikasi bermanfaat untuk membuang racun atau zat berbahaya yang tidak baik bagi tubuh kita.

Membantu Menghentikan Merokok

Ada perbedaan pendapat tentang apakah merokok dapat membatalkan puasa. Namun, puasa bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi bahkan berhenti merokok.

Mengurangi Peradangan

Ketika sistem kekebalan melawan infeksi, peradangan adalah hal yang normal di dalam tubuh. Namun selain rasa tidak enak, peradangan justru menyebabkan penyakit lain, seperti diabetes atau penyakit jantung. Untungnya, puasa juga bisa mengurangi peradangan pada tubuh.

Itulah beberapa manfaat dan manfaat puasa yang bisa Anda rasakan. Ingat juga petunjuk dokter Anda sebelum melanjutkan puasa agar Anda bisa melakukannya dengan aman sesuai dengan kesehatan Anda. Selain itu, beberapa penyakit, seperti diabetes tipe 1, mungkin tidak menganjurkan puasa.

Pada dasarnya puasa dan kehidupan secara keseluruhan akan lebih baik bila disertai dengan sikap yang bijaksana. Ini juga termasuk meningkatkan perlindungan terhadap kesehatan.

SHARE