Lakukan Teknik Pernapasan yang Baik Agar Tidak Mual Saat Puasa

0
370
Lakukan Teknik Pernapasan yang Baik Agar Tidak Mual Saat Puasa

Lakukan Teknik Pernapasan yang Baik Agar Tidak Mual Saat Puasa – Ketika menjalani puasa, biasanya orang suka mengalami perut mual. Mungkin bisa saja terjadi pada anda sekarang. Saat puasa pola makan pastinya akan berubah dari biasanya. Maka tidak heran juga jika masalah pencernaan ini muncul setelah sahur ataupun ketika sedang puasa di siang hari.

baca juga :


Masalah pencernaan ini bisa terjadi karena kurangnya asupan makan dan kebiasaan makan yang kurang baik saat sahur dan berbuka. Keluhan dari banyak orang yang sering dirasakan ialah rasa mual ataupun eneg.

Berikut ini beberapa tips agar bisa mencegah rasa mual ataupun eneg ketika berpuasa

  1. Batasi Makanan
    Jika anda terus merasa mual, itu bisa terjadi karena ada yang salah dengan makanan anda. Perhatikan lah makanan anda ketika sahur dan berbuka. Untuk mencegah eneg saat puasa, anda bisa memakan pisang, nasi, saus apel, dan juga roti panggang saat sahur ataupun berbuka. Hal ini penting bagi anda yang rentan mengalami mual atau masa pemulihan infeksi saluran cerna.
    Pisang, nasi, saus apel dan roti panggang ini di pilih karena makanan ini mudah di cerna sehingga mudah di terima oleh mayoritas orang. Tapi, makanan ini juga bersifat rendah protein, lemak dan serat sehingga tidak ideal untuk dijadikan makanan jangka panjang jika dilihat dari segi keseimbangan gizinya.
  2. Pastikan anda terhidrasi
    Pastikan lah bahwa anda telah terhidrasi dengan baik. Perbanyak lah minum air putih ketika sahur untuk menghindari dehidrasi. Selain itu, penting juga untuk mengistirahatkan perut anda selama proses pemberian cairan.
    Disarankan jangan terlalu banyak cairan dalam satu waktu agar perut tidak mengalami perenggangan. Jumlah cairan yang bisa di tolerir oleh perut itu 30 – 60 ml tiapĀ  10 – 15 menit. Bagi anak-anak, jumlahnya sepertiga dari 30 ml.
    Anda juga bisa menggunakan pola 2 – 4 -2 untuk mencegah rasa eneg saat puasa. Pola 2 – 4 – 2 berarti dua gelas berbuka, empat gelas malam hari, dua gelas sahur.

Itu tips untuk mencegah eneg ataupun rasa mual saat puasa, bagaimana untuk mengatasi rasa eneg yang terjadi ketika puasa?

  1. Teknik Pernapasan
    Lakukanlah teknik pernapasan yang baik dan terkendali. Karena dengan begitu dapat menghilangkan rasa mual. Anda juga bisa tidur telentang, letakkan bantal di bawah dengkul dan leher agar nyaman. Kemudian kedua tangan diatas perut tempat di bawah tulang rusuk dengan jaring yang saling terkunci.Maka anda akan merasakan jari jemari anda saling memisah ketika mengambil napas.
  2. Jangan terlalu banyak gerak
    Semakin banyak anda bergerak, semakin parah lah mual yang anda rasakan. Cobalah berdiam di satu tempat agar mual anda tidak parah. Duduklah dibangku yang nyaman ataupun berbaringlah di sofa atuapun kasur.

Itulah cara mengatasi rasa eneg ketika sedang berpuasa, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY