Ciri – Ciri Rumah Futuristik yang Bisa Menjadi Inspirasi Anda

0
61

Ciri – Ciri Rumah Futuristik yang Bisa Menjadi Inspirasi Anda

Setiap lima tahun atau bahkan setiap tahun selalu terjadi pergeseran dan perubahan desain arsitektur. Ada dua hal yang menyebabkan perubahan tersebut dapat terjadi. Pertama, pengaruh industri; kedua, perkembangan teknologi yang semakin maju. Salah satu desain arsitektur yang selalu berubah mengikuti zaman adalah rumah futuristik.

Rumah futuristik merupakan konsep rumah yang memiliki desain modern dan unik. Mulanya, konsep futuristik hanya ada di wilayah Eropa, khususnya Italia pada abad 20. Namun, karena perkembangan informasi semakin pesat, konsep futuristik menyebar ke berbagai wilayah termasuk Indonesia. Hal ini kemudian menarik simpati dan minat orang-orang untuk ikut memiliki rumah futuristik.

Lalu, bagaimana ciri-ciri dan konsep rumah futuristik pada masa kini? Artikel di bawah ini akan memberikan informasinya beserta rekomendasi produk Onassis untuk memenuhi keamanan dan kenyamanan ketika Anda tinggal.

Ciri-ciri Rumah FuturistikCiri - Ciri Rumah Futuristik yang Bisa Menjadi Inspirasi AndaRumah futuristik dirancang menggunakan teknologi canggih dan memiliki fitur-fitur yang menggabungkan gaya hidup modern dengan kebutuhan masa depan. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang sering ditemukan dalam rumah futuristik:

1. Desain Eksterior yang Futuristik

Rumah futuristik cenderung memiliki desain eksterior yang inovatif dan modern. Mereka memiliki bentuk yang tidak konvensional, dengan garis-garis yang bersih dan kontemporer. Bahan-bahan seperti kaca, logam, dan beton sering digunakan untuk menciptakan tampilan yang futuristik.

2. Teknologi Pintar

Hal penting dalam rumah ini adalah sistem pintar yang terintegrasi. Ini mencakup penggunaan Internet of Things (IoT) untuk menghubungkan berbagai perangkat rumah tangga, seperti pencahayaan, suhu, keamanan, dan sistem hiburan. Pengendalian suara dan pengendalian jarak jauh melalui aplikasi smartphone juga sering digunakan.

Ciri – Ciri Rumah Futuristik yang Bisa Menjadi Inspirasi Anda

Baca Juga : Prediksi Tren Interior Rumah Di Tahun 2025

3. Energi Terbarukan

Rumah futuristik sering mengintegrasikan sumber energi terbarukan. Mereka mungkin dilengkapi dengan panel surya di atap yang menghasilkan listrik, sistem pengumpulan air hujan untuk penggunaan yang efisien, dan teknologi lainnya yang membantu mengurangi jejak karbon dan mengoptimalkan penggunaan energi.

4. Automasi dan Robotika

Sistem automasi yang canggih adalah komponen penting di dalam rumah ini. Hal ini juga dapat mencakup robot rumah tangga yang membantu dalam tugas-tugas sehari-hari seperti membersihkan, memasak, atau mengatur barang. Pintu, jendela, dan peralatan rumah tangga lainnya juga dapat dikendalikan secara otomatis.

5. Sistem Keamanan Canggih

Keamanan merupakan prioritas dalam rumah futuristik. Mereka dilengkapi dengan sistem keamanan canggih, termasuk pengenalan wajah, pemindai sidik jari, dan pengawasan video yang terhubung dengan sistem keamanan pintar. Teknologi keamanan lainnya seperti sensor gerak dan sistem alarm juga digunakan untuk melindungi rumah dan penghuninya.

Perlu diingat bahwa rumah futuristik dapat memiliki berbagai macam fitur tergantung pada visi desainer dan perkembangan teknologi. Sementara beberapa rumah mungkin memiliki semua ciri-ciri ini, yang lain mungkin hanya memiliki beberapa aspek futuristik tergantung pada tingkat kecanggihan yang diinginkan oleh Anda.

Ciri - Ciri Rumah Futuristik yang Bisa Menjadi Inspirasi Anda

Konsep Rumah Futuristik

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam konsep rumah futuristik di antaranya adalah:

Furniture Built In – Aerodinamis

Jika Anda pernah menjumpai rumah modern nan minimalis, rumah tersebut menggunakan konsep furniture built in. Fungsinya untuk menghemat ruangan dan memberikan kesan modern pada rumah. Selain itu, Anda bisa mengelola rumah dengan lebih efisien sehingga lebih nyaman untuk ditinggali.

Lingkaran atau Elips

Lengkungan atau yang sering disebut dengan modular pada badan bangunan adalah konsep rumah masa kini dan modern. Hal ini untuk menandakan bahwa keunikan dan futuristik adalah konsep masa kini. Maka dari itu, tampilan tersebut juga ditandai dengan pola bagian-bagian rumah yang berbentuk lingkaran dan pola lengkungan lain.

Dekorasi Artistik

Tampilan unik menjadi gambaran dari rumah masa kini. Unik dapat bercirikan polos dan mengkilap. Selain itu, pada dekorasi, kehadiran bermacam-macam karya seni bersifat abstrak menjadi prasyarat tersendiri.

Pencahayaan

Dominasi lampu LED adalah konsep yang pasti hadir dalam rumah futuristik. Hal ini disebabkan pencahayaan yang dapat diatur sedemikian rupa sesuai dengan tujuan dan fungsinya. Tata letak yang baik akan menghadirkan cahaya ke segala sudut yang diperlukan.