Membuat Ruangan Karaoke di Rumah? Kenapa Tidak?

0
5096
Membuat Ruangan Karaoke di Rumah? Kenapa Tidak?
sumber : taqorrub.com

Membuat Ruangan Karaoke di Rumah? Kenapa Tidak?

Bagi anda yang suka menyanyi, memiliki ruangan karaoke tersendiri di rumah sudah merupakan sebuah keharusan. Desain ruangan karaoke dirumah banyak terapkan oleh orang – orang karena karaoke dapat juga dikategorikan sebagai salah satu sarana hiburan yang dapat menghilangkan stress. Dengan adanya ruangan karaoke dirumah sendiri makan rumah kita juga dapat dijadikan sebagai markas perkumpulan dengan teman – teman kita. Ruangan karaoke dirumah dapat di rancang dengan berbagai macam cara. Diantaranya ada beberapa point penting yang tidak boleh terlewatkan dalam merancang ruangan karaoke dalam rumah. Point – point tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Ruangan yang cukup besar serta kedap suara

Ruangan yang digunakan harus dipastikan agar cukup besar dan kedap suara tentunya. Jika tidak maka kita akan sering dilempar batu sama tetangga. Kategori ruangan yang cukup besar dapat disesuaikan dengan luas rumah anda. Untuk ruangan kedap suara dapat memgikuti panduan dari http://id.wikihow.com/Membuat-Kamar-Kedap-Suara :

Baca juga : Tips Memilih Bathtub untuk Kamar Mandi

Metode 1 :

  1. Pasang tirai suara (sound curtain) atau selimut tebal.
  2. Gunakan rak buku untuk mempertebal dinding
  3. Ganjal benda – benda yang mudah goyah pada dasar pengeras suara
  4. Pasang door sweep (bantalan karet seperti sapu yang dipasang di bawah pintu)
  5. Gunakan panel pengganjal akustik

Metode 2 :

  1. Gunakan bahan yang tebal untuk membangun ruangan kedap suara
  2. Pisahkan dua lapis dinding
  3. Rancang penempatan papan anda
  4. Pertimbangkan klip atu saluran suara
  5. Isilah dinding dengan senyawa peredam

Hasil gambar

Peralatan dan perlengkapan karaoke

Setelah ruangan tersedia maka langkah selanjutnya pasti menyiapkan perlengkapan karaoke berupa Loudspeaker, Televisi, Hard disk, Lampu karaoke, DVD player dan sebagainya. Dalam hal layar, menggunakan layar infokus langsung juga disarankan tetapi sisi negatifnya kualitas gambar biasanya lebih kabur dibandingkan dengan TV LCD. Sedangkan software untuk aplikasi karaoke juga dapat coba untuk didownload di google. Dan untuk list lagu karaoke juga sudah bisa menggunakan metode download dan dimasukkan ke dalam flash disk dan lain – lain.

sumber : olx.co.id

Motif dekorasi ruangan karaoke

Tahap akhirnya berupa desain ruangan karaoke anda sesuai dengan selera anda. Desain karaoke dapat dimulai dari sofa dalam ruangan anda. Kemudian dengan meja dalam ruangan karaoke juga dapat ditambahkan sedikit dekorasi seperti pot bunga, minuman ringan maupun yang lainnya. Dan jangan lupa akan vertilisasi udara dalam ruangan. Hal ini tentunya anda harus menyediakan Air Conditioner (AC) karena dalam ruangan yang kedap suara cenderung panas dan kurang udara. Beberapa lukisan dinding juga baik untuk memperindah ruangan karaoke.

Selain sebagai ruangan karaoke, ruangan tersebut juga dapat di maksimalkan penggunaannya dengan dijadikan sebagai ruangan bioskop pribadi. Bagi anda – anda yang memiliki hobi nonton film merupakan ide yang baik. Ruangan karaoke biasanya lebih cenderung pada desain lampu hiasnya. Oleh karena itu desain interior yang sederhana sudah cukup asal di dukung dengan desain pencahayaan yang memadai.

Berikut beberapa contoh dari ruangan karaoke di rumah yang dapat memberikan anda inspirasi dalam merancang ruangan karaoke anda sendiri :

sumber : desainic.com
sumber : desainic.com
sumber : rumahminimalis123.info
sumber : rumahminimalis123.info
sumber : j-cul.com
sumber : j-cul.com

Home karaoke room design

Home karaoke room design

Home karaoke room design

Home karaoke room design

sumber: houseofsamples.com
SHARE

LEAVE A REPLY