Contoh Tipe-Tipe Kecerdasan Manusia

0
220

Contoh tipe-tipe kecerdasan manusia – Tipe kecerdasan manusia dapat memiliki perbedaan antara kecerdasan yang satu dengan kecerdasan lainnya. Yang mana setiap jenis pikiran manusia juga mempunyai ciri khasnya masing-masing.

baca juga : 5 Buah untuk Penderita Asam Lambung

Saat membahas kecerdasan, hal pertama akan banyak orang ingat adalah prestasi. Selama ini, kecerdasan sering kali diartikan sebagai nilai tinggi di sekolah, pintar dalam pelajaran matematika atau sains, juga mereka yang sering membawa pulang piala. Tidak sedikit juga orang yang menganggap bahwa kecerdasan sebagai kemampuan belajar dan mengingat informasi. Salah satu jenis kecerdasan manusia adalah kecerdasan linguistik. Selain itu, manusia mempunyai banyak jenis kecerdasan dan kemampuan lainnya.

Berbagai tipe kecerdasan yang dimiliki seseorang dapat membantu orang-orang di sekitarnya dalam memecahkan berbagai masalah, termasuk pekerjaan.

Contoh tipe-tipe kecerdasan manusia beserta contoh penerapannya :

1.Kecerdasan linguistik

Seseorang dengan kecerdasan linguistik contohnya dapat membaca, menulis dan berkomunikasi menggunakan kata-kata dan bahasa.

2.Kecerdasan logis matematis

Seseorang dengan kecerdasan logis dan matematis mempunyai keterampilan dan kemampuan berpikir logis serta memahami konsep matematika. Kecerdasan ini contohnya dibutuhkan oleh para insinyur, ilmuwan, dll.

3.Kecerdasan visual spasial

Seseorang dengan kecerdasan visual spasial memiliki kemampuan memahami dan mengolah benda-benda dalam ruang. Kecerdasan visual spasial dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan. contohnya navigasi, seni, dan teknologi informasi.

4.Kecerdasan musikal

Seseorang yang memiliki kemampuan menciptakan lagu, menyanyi, dan mengekspresikan musik merupakan ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan musikal.

Seseorang dengan kecerdasan musikal juga dapat mengenali dan mengapresiasi kualitas musik dengan baik.

5.Kecerdasan kinestetik

Kecerdasan kinestetik merupakan kemampuan seseorang dalam mengendalikan gerakan tubuh, memecahkan masalah, mencipta sesuatu atau bahkan mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan baik.

Seseorang dengan kecerdasan kinestetik cenderung menyukai aktivitas fisik.

6.Kecerdasan interpersonal

Kecerdasan ini dimiliki oleh seseorang yang mampu menganalisa dirinya sendiri dan merenungkan sendiri.

Seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik mampu mengenal dirinya dengan baik dan menghargai perilaku serta perasaan seseorang.

7.Kecerdasan naturalis

Kecerdasan naturalistik merupakan kemampuan seseorang dalam memahami dan mengklasifikasikan objek-objek yang ada di lingkungan alam, seperti flora dan fauna.
Seseorang dengan kecerdasan naturalistik biasanya tertarik pada alam dan peka terhadap perubahan lingkungan sekitarnya.

Sekian pembahasan tentang tipe-tipe kecerdasan manusia dan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

SHARE