Inilah 6 Tips Agar Warna Cat Dinding Luar Rumah Tahan Lama

0
3072
Inilah 6 Tips Agar Warna Cat Dinding Luar Rumah Tahan Lama

Inilah 6 Tips Agar Warna Cat Dinding Luar Rumah Tahan Lama – Cat dinding pada bagian luar rumah lebih rentan mengalami kerusakan dibandingkan dengan dalam rumah. Banyak hal yang mempengaruhinya seperti terkena paparan sinar matahari dan guyuran air hujan.

Perubahan iklim yang drastis juga dapat menyebabkan munculnya jamur di dinding luar rumah. Oleh karena itu, penting agar dinding luar rumah dirawat secara teratur. Terlebih lagi sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri akan tiba. Pastinya anda tidak mau kan rumah anda terlihat kotor ketika tamu datang.

Baca Juga :


Berikut 6 tips agar warna cat dinding luar rumah tahan lama

1. Pilih cat khusus eksterior

Cat khusus eksterior biasanya sudah diformulasikan untuk mengecat dinding bagian luar sehingga lebih kuat dan tahan lama untuk melindungi dinding dari perubahan iklim. Salah satu ciri cat dinding luar rumah biasanya mencantumkan keunggulannya seperti weather proof atau weather resistance.

Selain itu, kandungan cat ini juga bisa mencegah timbulnya jamur dan flek akibat rembesan air hujan. Cat dinding yang baik biasanya akan bertahan tanpa kerusakan dan mengelupas selama hampir empat tahun.

2. Bersihkan dinding dahulu

Sebelum mulai mengecat, pastikan dinding dalam keadaan bersih dan tidak ada noda atau debu tebal yang menempel. Adanya kotoran dapat membuat cat tidak menempel dengan sempurna hingga rawan mengelupas.

Dan bila dinding Anda terlanjur sudah berlumut, siram dengan air kaporit agar benih jamur di tembok mati. Dan Anda bisa mulai mengecat ketika dinding sudah dalam keadaan kering.

3. Pilih jenis cat yang sesuai dengan jenis dinding

Cat yang biasa digunakan untuk dinding tembok biasa tentu akan berbeda dengan cat yang dipakai untuk dinding kayu atau batu alam. Cat tembok biasanya memiliki tekstur lebih tebal dibandingkan cat dinding batu atau kayu agar lapisan semen di bawahnya tidak terlihat.

4. Pilih warna yang cerah

Pemilihan warna juga penting. Warna cerah disarankan karena memiliki pigmen lebih sedikit dibandingkan cat warna gelap sehingga resiko kepudaran cat akan lebih sedikit dibandingkan bila Anda menggunakan warna pekat. Selain itu Anda juga jadi tidak perlu repot mengecat ulang dinding terlalu sering. Beberapa warna yang disarankan adalah kuning, hijau muda atau warna putih.

5. Cat pada saat cuaca masih cerah

Pemilihan waktu pengecatan juga penting. Mengecat rumah di saat cuaca cerah pastinya dapat membantu proses pengeringan cat. Bila mengecat di saat musim hujan maka lapisannya akan mudah rusak karena terbawa air.

Perhatikan juga kondisi dinding rumah sebelum mulai dicat. Dinding yang memiliki permukaan lembab atau basah bisa membuat cat tidak terserap dengan sempurna.

6. Gunakan teknik mengecat yang benar

Teknik pengecatan pun harus diperhatikan karena bila salah akan membuat permukaan tembok tidak halus. Karena itu sebaiknya lapisi dulu bagian yang sulit seperti sudut dinding dan bagian yang dekat dengan atap. Setelah itu kerjakan bagian lain yang lebih mudah dan oleskan kuas cat hanya satu arah agar hasilnya halus dan merata.

Itulah 6 Tips agar warna cat dinding luar rumah tahan lama. Semoga bermanfaat.