Jenis Olahraga yang Tepat Bagi Pasien Pasca Stroke

0
852
Jenis Olahraga yang Tepat Bagi Pasien Pasca Stroke

Jenis Olahraga yang Tepat ¬†Bagi Pasien Pasca Stroke –¬†Langkah penting ketika seseorang mengalami serangan stroke adalah menjalankan rehabilitasi medik untuk memulihkan stroke. Bila proses pengobatan telah berakhir, pasien stroke biasanya dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik yakni berolahraga.

Seorang dokter spesialis kedokteran olahraga, dr. Michael Triangto, SpKO menerangkan bahwa olahraga dapat membantu pasien stroke supaya terhindar dari kecacatan ulang.

“Bila telah mampu untuk beraktivitas seperti biasa, olahraga pasca stroke sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan dan juga mencegah gangguan berbagai penyakit termasuk stroke ulangan,” ujar dr Michael yang berpraktik di Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek, Jakarta.

Baca Juga : Jangan Panggang Roti Terlalu Matang Untuk Cegah Kanker

Bukan hanya itu saja, dengan berolahraga diyakini bisa mengembalikan fungsi tubuh seperti semula. Di antaranya, penurunan denyut nadi, tekanan darah lebih terkontrol, gula darah dan kadar lemak yang lebih baik dan berbagai parameter kesehatan lainnya.

Namun, menurut dr Michael, ada hal yang juga tak kalah penting yang hendak diperhatikan oleh penderita stroke yaitu ketika sedang berlatih sebaiknya terus memantau denyut jantung ataupun nadi agar tak melampaui batas-batas kemanan yang telah ditentukan oleh dokter yang memeriksa.

Berbagai olahraga yang bersifat aerobik, misal jalan cepat, jogging, lari, renang, bersepeda, baik dilakukan para pasien pasca stroke untuk pemulihan secara maksimal sekaligus membantu menurunkan berat badan yang berlebih.

“Untuk menghilangkan rasa kaku pada otot dan sendi dapat dibantu dengan melakukan peregangan pada berbagai bagian tubuh secara teratur dan berkala,” kata dr Michael.

Itulah Jenis olahraga yang tepat bagi pasien pasca stroke yang dapat di terapkan di kehidupan sehari-hari.

Sumber : detik.com

SHARE

LEAVE A REPLY