Kenapa Kuda Memakai Sepatu?

0
564
Kenapa Kuda Memakai Sepatu?

Kenapa Kuda Harus Memakai Sepatu? – Mungkin sedikit dari Anda yang bertanya-tanya mengapa kuda harus memakai sepatu dan apa akibatnya jika tidak memilikinya. Salah satu maksud dan tujuan memakai sepatu kuda adalah untuk melindungi kaki dari kerusakan dan cedera.

Kenapa kuda harus memakai sepatu?

Jawaban paling sederhana adalah bahwa kuda memakai sepatu untuk alasan yang sama seperti manusia, yaitu untuk melindungi kaki mereka dari cedera yang disebabkan oleh medan yang tidak rata dan/atau penggunaan yang berlebihan.

Kuku kuda jauh lebih tahan lama daripada sepatu manusia. Dinding kuku kuda, yang menutupi bagian atas kuku dan membentuk batas di sekitar bagian bawah, tidak memiliki saraf atau pembuluh darah. Kuda dapat dengan aman berjalan di atas keempat kukunya, tapi dapat mengikis dinding kukunya dengan berjalannya waktu. Pada kuda liar, proses ini biasanya terjadi dengan kecepatan yang baik dan bertahap saat mereka bergerak melintasi medan alami.

baca juga : Inilah Dekorasi Interior Unik Dengan Pipa PVC Yang Keren Abis!

Pada beberapa kuda (terutama yang menarik gerobak atau membawa beban berat), dinding kuku bisa aus lebih cepat daripada tumbuh kembali. Maka bisa dicegah dengan memakai sepatu kuda.

Alasan kuda memakai sepatu adalah karena kuda memiliki kondisi seperti radang sendi, laminitis (masalah pada jaringan ikat antara dinding kuku dan tulang di dekatnya), atau ankylosing spondylitis (penyakit sendi degeneratif yang menyebabkan pertumbuhan tulang ekstra). Beberapa kuda secara alami memiliki kuku yang lebih lemah atau gaya berjalan yang tidak rata. Dalam semua kasus ini, sepatu kuda dapat membantu menstabilkan dan memperkuat kuku kuda serta menjaga kesehatannya.

Fungsi Sepatu Kuda

Melindungi

Sepatu kuda untuk melindungi kuku, meningkatkan daya tahan dan kekuatannya. Ini dapat membantu mengurangi risiko cedera saat berkendara di medan yang berat atau melakukan pekerjaan intensif.

Tingkat keausan yang lebih lambat

Sepatu dapat mencegah kuku-kuku kuda agar tidak aus terlalu cepat, dapat sangat bermanfaat membantu kuda-kuda yang terlibat dalam pekerjaan yang melibatkan banyak penahan beban, seperti menarik kereta.

Pemasangan sepatu korektif dapat membantu mengatasi masalah

Memakai sepatu dapat membantu masalah keseimbangan atau masalah lain pada gaya berjalan dan gaya melangkah kuda. Sepatu juga bisa digunakan untuk memperbaiki kuku yang retak.

Dukungan yang lebih baik untuk kuda dengan masalah medis

Kuda yang menderita masalah kesehatan seperti arthritis, ringbone atau laminitis akan mendapat manfaat dari dukungan ekstra yang diberikan oleh sepatu.

Namun, ada kerugian memakai sepatu kuda. Diantaranya adalah peningkatan risiko cedera, jika kuda tidak bersepatu dengan benar, terjadi pertumbuhan kuku yang tidak normal, yang dapat merusak bagian dalam kuku yang halus. Selain itu, jika kuda kehilangan sepatunya saat bekerja, hal itu dapat menyebabkan keseleo tendon atau kerusakan pada dinding kuku. Memasang sepatu kuda juga lebih mahal daripada merawat kuku kuda.

SHARE