Perhatikan Ini Sebelum Tempati Rumah yang Lama Kosong

0
1565
Perhatikan Ini Sebelum Tempati Rumah yang Lama Kosong

Perhatikan Ini Sebelum Tempati Rumah yang Lama Kosong – Saat Anda dimutasi ke luar kota atau luar negeri, Anda pun terpaksa meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Akibat terlalu sayang dengan rumah tersebut, Anda tidak menjualnya.

Rumah pun dibiarkan kosong dalam waktu lama, hanya sesekali Anda meminta saudara Anda untuk melihat kondisinya.

Begitu masa mutasi usai, Anda pun kembali ke kota Anda dan menempati rumah itu. Tapi, mengingat rumah ini sudah lama tak ditempati, rasanya tentu tak senyaman dulu.

Baca juga : Panduan Memasang Listing di Rumahdewi

Jangan langsung bersantai, lakukan langkah ini agar Anda kembali betah tinggal di rumah lama Anda. Tips ini juga bisa Anda gunakan untuk rumah second yang baru Anda beli, yang lama tak ditempati.

Bersihkan sebelum kedatangan

Jika Anda menitipkan kunci rumah kepada keluarga Anda, mintalah bantuan mereka untuk menyewa jasa pembersih rumah untuk membereskan rumah Anda.

Ada kalanya Anda datang sudah dalam keadaan lelah sehingga tidak bisa langsung membersihkan rumah Anda.

Mungkin jasa kebersihan rumah tidak sepenuhnya sempurna membereskan rumah Anda, tapi minimal saat Anda datang, rumah tidak dalam keadaan sangat kotor.

Rapikan halaman

Harusnya, sih, selama Anda berada di luar kota, Anda tetap menyewa jasa tukang kebun untuk mengurus halaman rumah Anda.

Upah tukang kebun bisa Anda transfer melalui bank, dan Anda pun bisa meminta bantuan keluarga untuk mengecek kondisi kebun selama ditinggal.

Gunanya agar halaman tetap rapi—semak yang terlalu tinggi berisiko mendatangkan ular dan hama lainnya—dan rumah tidak seperti hutan belantara.

Sewa ahli bangunan

Begitu Anda tiba di rumah, mintalah bantuan ahli bangunan untuk memeriksa kondisi rumah Anda. Pastikan tidak ada atap yang bocor, kran air tetap menyala, tidak ada saluran air yang tersumbat, serta bagian rumah yang rapuh.

Jika memang ada, mintalah bantuan ahli bangunan untuk segera membereskannya, termasuk jika Anda ingin mengecat dinding yang sudah mengelupas.

Inilah artikel tentang Perhatikan Ini Sebelum Tempati Rumah yang Lama Kosong

sumber : okezone.com

LEAVE A REPLY