Tips Memilih Meja Makan di Rumah Anda

0
4130
Tips Memilih Meja Makan di Rumah Anda

Meja makan sudah menjadi salah satu furniture yang cukup penting di dalam rumah. Meja makan juga menjadi  tempat dimana semua keluarga berkumpul untuk makan ataupun sekedar ngobrol.  Oleh karena itu, pemilihan meja makan yang tepat sangat penting untuk diperhatikan. Memilih meja makan yang cocok dan sesuai juga tidak terlalu sulit. Anda dapat simak tips berikut ini.

  1. Tentukan dahulu luas ruangan anda
    Tips Memilih Meja Makan di Rumah Anda

Hal utama yang perlu anda perhatikan adalah luas ukuran dari ruangan anda. Tentu anda tidak ingin jika sudah beli mejanya tetapi ruang nya tidak cukup. Untuk itulah anda perlu ukur dahulu luas ruangan anda. Jika ruangan anda luas anda bisa menggunakan segala jenis meja makan yang ada. Tetapi jika ruang makan anda kecil, usahakan untuk tidak memilih meja makan bentuk persegi panjang karena akan banyak memakan tempat dan membuatnya terlihat sempit. Satu hal lagi yang penting, Anda harus dapat berjalan dan bergerak di antara meja dan kursi.

  1. Tentukan bahan/material untuk meja makan anda

meja-makan-kayu-jati

Pemilihan material untuk meja makan juga penting untuk diperhatikan. Jika anda ingin meja makan dari kayu, anda dapat memilih material kayu keras murni (hardwood) seperti mahogany, walnut, maple, oak atau jati. Jangan yang bersifat komposit atau gabungan, misalnya MDF (Medium Density Fiberboard).

MDF merupakan material dari campuran kayu keras dan halus yang dikompres menjadi papan. Meskipun MDF tahan lama, tapi tak sekuat dan sekokoh jenis hardwood. Mungkin harganya akan sedikit lebih mahal, tapi jika anda mencari meja makan yang tahan lama, lebih baik memilih hardwood. Jika anda kurang suka meja kayu, anda dapat memilih bahan metal, marmer atau kaca.

  1. Tentukan bentuk meja

meja-makan-minimalis

Untuk memilih bentuk meja dapat disesuaikan dengan luas ruangan. Anda dapat memilih meja berbentuk oval atau lingkaran jika ruang anda sempit agar terdapat ruang kosong dan tidak membuat ruangan terlihat ramai. Jika ruang luas bisa menggunakan meja apapun.

  1. Periksa Dimensi Meja

meja-makan-minimalis-modern

Kebanyakan meja makan memiliki ketinggian standar antara 28 – 30 inci. Tinggi meja yang paling nyaman bisa memberi ruang yang cukup di atas lutut dan sejajar dengan siku tangan ketika Anda duduk. Sementara lebarnya, baik itu oval, bujur sangkar, bundar atau persegi panjang memiliki standar lebar 36 inci ke atas, tergantung jumlah orang. Sebagai contoh, meja oval dengan panjang 84 inci, bisa mengakomodasi hingga 10 orang.

SHARE