10 SmartCity Paling Top di Dunia

0
1209
10 SmartCity Paling Top di Dunia
sumber : gadgetan.com

Smartcity? pastinya sudah tau smart city dong, Smart city adalah konsep kota cerdas yang dirancang guna membantu berbagai hal kegiatan masyarakat, terutama dalam upaya mengelola sumber daya yang ada dengan efisien, serta memberikan kemudahan mengakses informasi kepada masyarakat, hingga untuk mengantisipasi kejadian yang tak terduga sebelumnya. Smartcity juga sudah di terpakan di beberapa negara. Sebuah situs yang memilik anggota ahli dalam bidang tata kota dan green environmentmenelurkan sebuah rilis yakni 10 negara berprestasi dalam mengadopsi konsep smart city. Ranking top 10 negara smart city tersebut dinilai berdasarkan parameter yang sudah ditentukan antara lain inovasi, green tech, e-government, kualitas hidup, dan lain sebagainya. Ini dia daftar 10 negara paling smart versi Smartcitieshub.com.

  • Wina

Meski tidak diunggulkan, Wina berhasil menduduki ranking paling tinggi dalam 10 karegori yang dinilai, antara lain: kota yang ramah lingkungan (4), Kota inovasi (5), pemerintahan digital (8) dan kualitas hidup (1). Viena dengan percaya diri dan kreatif menetapkan standar yang tinggi melalui program-program smart seperti Action Plan 2012-2015, Smart Energy Vision 2050, dan juga Roadmap2020.

  • Toronto

Keputusan IBM membuka Business Analytics Solutions Center di Toronto merupakan salah satu dari dampak keberhasilan kota ini dalam memenangkan beberapa kategori smart city bahkan menjadi negara dengan ranking tertinggi di Amerika Utara salah satunya dengan program Smart CommuteToronto yang mempunyai konsep pemanfaatan gas alam sebagai bahan bakar sampah.

  • Paris

Di tengah ketatnya persaingan negara-negara Eropa, Perancis menunjukkan prestasi yang menggembrikan dengan mendapatkan skor tinggi di tiga ketegori: pemerintahan digital (11), kota ramah lingkungan di Eropa dan inovasi (3).

  • New York

New York tampil dominan dengan mendapatkan skor paling tinggi dibandingkan kota-kota di Eropa kecuali kategori kualitas hidup.

  • London

Smart Cities di Imperial College akan didirikan di Inggris sebagai markas utama penelitian ini sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas sistem transportasi Inggris yang memang sangat menonjol.

  • Tokyo

Tokyo secara membanggakan tampil dari tanah Asia dalam daftar 10 smart city ini, bahkan untuk skor inovasi Jepang mencatatkan angka yang fantastis (22) dan juga kategori kota digital (15).

  • Berlin

Tak mau gigit jari, Berlin menyodok ke permukaan dengan program teknologi Vehicle-to-Grid (V2G), yaitu program pembangkit listrik virtual dari kendaraan listrik. Berlin memperoleh skor yang bagus pada kategori kategori inovasi (14), ramah lingkungan (8 di Eropa), dan kualitas hidup (17).

  • Kopenhagen

Di kota ini 40% warganya memanfaatkan sepeda sebagai alat transportasi, dan pada tahun 2025 kota ini akan bebas emisi karbon berdasarkan rencana pemerintah di sana.

  • Hong Kong

Kualitas hidup di Hong Kong masih dinilai rendah, meskipun pada kategori pemerintahan digital Hongkong mendapatkan skor lumayan namun jatuhnya ranking kualitas hidup menjadi biang kerok kota ini berada di posisi 9.

  • Barcelona

Di Spanyol, Barcelona menduduki peringkat kedua sebagai smart city terbaik. Peluncuran proyek LIVE EV (Electronic Vehicle) menjadi pertanda komitmen Barcelona untuk bebas dari emisi.

SHARE

LEAVE A REPLY