4 Penyebab Harga Rumah Terus Meroket

0
2409
4 penyebab harga rumah terus meroket
4 penyebab harga rumah terus meroket

4 Penyebab Harga Rumah Terus Meroket – Memiliki rumah dijaman sekarang sudah termasuk salah satu investasi modern yang menjanjikan. Mengapa?, karena harga rumah cenderung melambung tinggi dari tahun ke tahun. Namun apa saja faktor yang mempengaruhi harga rumah semakin meroket dari tahun ke tahun?

Baca Juga :


Berikut 4 penyebab harga rumah terus meroket :

  • Laju Inflasi Terus Meningkat

Sahabat Perumnas pasti mengetahui laju inflasi membuat nilai suatu barang menjadi turun. Rupanya inflasi juga mempengaruhi harga jual rumah. Para pengembang berusaha mempertahankan nilai objek properti dengan cara menaikkan harga jual. Pengembang melakukan hal ini untuk menghindari kerugian. Kenaikan harga rumah akan digunakan untuk menutupi harga material rumah, upah pekerja bangunan, dan kebutuhan lainnya.

  • Ada Permintaan, Ada Penawaran

Permintaan akan ketersediaan rumah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini terjadi karena populasi penduduk yang juga semakin meningkat. Baik MBR maupun masyarakat kalangan ekonomi menengah ke atas membutuhkan tempat tinggal sebagai kebutuhan primer.

Jika MBR bisa mendapatkan perumahan murah atau sistem sewa, masyarakat kalangan menengah ke atas cenderung memilih rumah atau apartemen di lokasi strategis. Besarnya jumlah permintaan rumah membuat pasar properti tidak pernah berhenti menggeliat.

  • Lahan Semakin Sedikit

Ketersediaan lahan juga memengaruhi harga jual rumah. Masyarakat berlomba-lomba mendapatkan rumah di lokasi strategis meski harganya lebih mahal. Memiliki hunian pribadi merupakan target pencapaian hidup hampir semua orang. Semakin sedikit lahan perumahan yang tersedia, semakin besar kompetisi yang terjadi untuk memiliki rumah. Hal ini pun menjadikan harga rumah semakin melonjak.

  • Pembangunan Pesat di Sekitar Kawasan

Sahabat Perumnas pasti setuju ketersediaan fasilitas di sekitar perumahan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut. Jika berdekatan dengan pasar, pusat perbelanjaan, dan sekolah, pasti harga rumah di kawasan tersebut akan melonjak tinggi. Masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut tidak perlu repot mengakses fasilitas umum.

SHARE