5 Jenis Minuman Khas Imlek

0
29
5 Jenis MInuman Khas Imlek

5 Jenis Minuman Khas Imlek – Selain makanannya, ternyata banyak yang belum mengetahui minuman khas Imlek yang disajikan oleh masyarakat keturunan Tionghoa. Beberapa resep minuman Imlek ternyata mudah disiapkan dan disajikan untuk tamu, kerabat, dan keluarga.

baca juga : Pernak-pernik Saat Imlek

Ada 5 jenis minuman khas imlek yang bisa dihidangkan kepada tamu dan kerabat yang datang ke rumah adalah :

1. Jus Jeruk

Jus jeruk adalah merupakan minuman yang selalu dihidangkan untuk para tamu atau kerabat yang datang ke rumah.

Jus jeruk bisa membuat tubuh sehat dan segar, selain itu jeruk  dipercaya masyarakat tionghoa sebagi lambang kekayaan dan keberuntungan.

2. Teh bunga Krisan

Teh bunga ini selalu dijadikan minuman favorit saat merayaan Imlek. Namun,teh bunga ini juga banyak dikonsumsi masyarakat untuk obat sakit tenggorokan.

Bunga krisan kuning ini dipercaya sejak dinasti kuno dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti penyakit influenza. Teh bunga Chrysanthemum menghasilkan teh dengan warna kuning cerah dan aroma yang menenangkan dan memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya.

Beberapa manfaat minum teh bunga krisan antara lain, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan sakit tenggorokan, serta mengobati flu.

3. Jus buah Plum

Buah plum mungkin tidak asing lagi bagi sebagian orang. Namun saat perayaan Imlek, buah ini sering dihidangkan. Hidangan buah plum selama Tahun Baru Imlek melambangkan keberuntungan.

Buah plum biasanya dihidangkan dalam bentuk jus yang memiliki rasa manis dan segar. Jus buah plum kaya antioksidan, dan juga memiliki khasiat seperti menjaga gula darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata dan masih banyak khasiat yang lain.

4. Susu Kedelai

Susu kedelai tidak hanya harus disiapkan untuk sarapan, tetapi juga cocok untuk dihidangkan untuk tamu saat Tahun Baru Imlek. Hal ini karena masyarakat China sering mengkonsumsi susu kedelai karena kaya akan nutrisi dan menyehatkan. Selain itu, banyak orang menganggap minuman ini cocok dengan makanan berat dan makanan ringan.

5. Milk Tea

Teh susu jenis ini sangat terkenal di Indonesia. Awalnya, teh susu merupakan minuman yang terkenal di Taiwan. Kemudian dimodifikasi dengan topping yang berbeda seperti agar-agar, buah-buahan untuk menggabungkan rasa yang lezat.

Sepertinya belum banyak orang yang mengetahui bahwa sajian ini, juga termasuk minuman khas yang disajikan pada saat Imlek yang bisa diterima oleh semua kalangan usia.

SHARE