Pernak-pernik Saat Imlek

0
48
Pernak-pernik Saat Imlek

Pernak-pernik Saat Imlek – Beberapa hari lagi merayakan Imlek, masyarakat Tionghoa ramai-ramai  mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan perayaan Imlek. Berbagai macam kegiatan yang berhubungan dengan tradisi leluhur, atau pun hanya mendekorasi rumah dengan pernak-pernik unik khas perayaan Imlek.

baca juga : 5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Imlek Agar Lebih Meriah

Menyambut pergantian tahun di kalender Cina. Masyarakat Tionghoa yakin, Imlek merupakan titik awal dalam menentukan nasib dan kehidupan satu tahun ke depan.

Seperti perayaan hari besar lainnya, banyak hal yang harus disiapkan sebelum Imlek tiba. Segala sesuatunya biasanya dipersiapkan dengan antusias bagi yang merayakannya. Tidak perlu susah mencari pernak-pernik, di Mall dan Pasar tradisional juga banyak menjual pernak-pernik Imlek saat menjelang hari raya Imlek tiba.

Pernak -pernik atau barang-barang yang biasanya disediaakan menjelang hari raya Imlek.

Ada 8 pernak-pernik Imlek yang biasanya ada saat menjelang Imlek:

1. Lampion Merah

Pernak-pernik Imlek yang ada pertama yaitu lampion merah. lampion merah tak asing lagi bagi kita saat merayakan Imlek. Biasanya lampion merah dipasang didalam atau diluar rumah sebagai dekorasi wajib yang di percaya dapat mendatangkan rezeki.

2. Angpao

Pernak-pernik Imlek  kedua yang sangat disenangi  anak-anak adalah Angpao menjadi hal yang sangat dinantikan setiap tahun oleh anak-anak.

Angpao ini terbuat dari kertas merah  yang di isi uang. Anak-anak dan yang  belum menikah biasanya mendapatkan angpao dan yang memberikan adalah para saudara yang sudah menikah atau dari orang tua kita.

3. Berbagai Makanan Khas Imlek

Pernak-pernik Imlek yang ketiga adalah hidangan khas Imlek. Rasanya ada yang kurang dalam merayakan Imlek jika tidak ada makanan khas Imlek ini.

Berbagai macam makanan yang disiapkan menjadi menu wajib di dalam perayaan Imlek. Contohnya mie yang merupakan menu wajib saat Imlek. Ada kepercayaan dari turun temurun bahwa mie tersebut disajikan dalam satu untaian tanpa putus dari ujung satu ke ujung lainnya.  ini dipercaya  kita bisa berumur panjang.

4. Pakaian Baru

Pernak-pernik Imlek yang keempat adalah baju baru. Tidak hanya memakai baju berwarna merah, tapi baju yang dipakai biasanya juga harus baru.

Masyarakat Tionghoa percaya  hari pertama Imlek adalah hari pertama di tahun baru yang akan bisa menwujudkan  harapan dan semangat yang baru jika memakai pakaian baru berwarna merah terang.

5. Petasan dan Kembang Api

Petasan dan kembang api  sebagai pernak-pernik Imlek yang biasanya dibunyikan pada perayaan Tahun Baru Imlek tepat pada pukul 00.00.Suara pertasan dipercaya dapat mengusir roh jahat .

Petasan yang kecil yang pertama dinyalakan sebagai ucapan selamat tinggal tahun lama, lalu menyalakan petasan yang besar sebagai ucapkan selamat datangnya tahun baru.

6. Lilin Imlek

Lilin juga tidak ketinggalan dalam merayakan hari raya Imlek.Lilin dipercaya sebagai simbol rezeki yang terang di awal tahun baru. Bisa juga sebagai simbol syukur bagi mereka yang doanya terkabul. Lilin yang dijual waktu menjelang imlek  biasanya merupakan lilin yang berukuran besar.

7.  Berbagai Pernak-pernik Imlek Dengan Warna Serba Merah

Pernak-pernik Imlek biasanya berupa aksesoris berwarna merah.Selain pakaian berwarna merah ,pernak pernik yang dipasang dirumah juga serba berwarna merah karena warna merah dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan dan kebahagiaan di tahun yang baru.

8. Pohon Mei Hua

Pohon Mei Hua berwarna pink keputihan juga mencari salah satu pernak pernik yang tidak ketinggalan pada perayaan hari raya Imlek. Pohon Mei Hua biasanya di dekor dengan aksesoris seperti angpao merah, lampion kecil . Pohon Mei Hua sebagai simbol keuletan, kebahagiaan dan kesejahteraan.

SHARE