Berencana Pasang AC Central Di Rumah?Yuk Ketahui Keuntungan Dan Kekurangannya Terlebih Dahulu

0
108
Berencana Pasang AC Central Di Rumah?Yuk Ketahui Keuntungan Dan Kekurangannya Terlebih Dahulu

Berencana Pasang AC Central Di Rumah?Yuk Ketahui Keuntungan Dan Kekurangannya Terlebih Dahulu – Dulu, tidak banyak pemilik rumah yang mempertimbangkan menggunakan sistem pendingin udara terpusat atau AC sentral.

Namun, sekarang , banyak pemilik rumah yang memutuskan memasang AC sentral pada hunian mereka. Hal ini karena keuntungan yang ditawarkan AC sentral lebih banyak dibanding AC biasa.

AC sentral bekerja melalui unit luar ruangan, unit dalam ruangan, dan saluran kerja untuk menyebarkan udara dingin secara merata ke seluruh ruangan di rumah.

Ini berbeda dengan unit AC biasa yang mengharuskan Anda menyalakan setiap unit AC di dalam ruangan secara manual. Jika tidak ada unit AC, ruangan tidak akan memiliki udara sejuk.  Namun, sebelum memasang AC sentral, ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan. Sebab, sama dengan peralatan elektronik lainnya, AC sentral juga memiliki plus dan minus.

berikut keuntungan dan kekurangan menggunakan AC sentral di rumah.

Memberikan suhu dalam ruangan yang konsisten

Keuntungan paling nyata memiliki AC sentral di rumah adalah memberikan suhu dalam ruangan yang konsisten. Anda tidak perlu khawatir tentang perubahan suhu di luar ruangan saat rumah dilengkapi AC sentral yang berfungsi baik.  Udara dingin ini tidak hanya di satu ruangan, tapi mengalir di semua ruangan di rumah. Ini adalah keunggulan utama dari AC sentral daripada unit AC biasa. Setelah menyalakan AC, suhu yang Anda atur mengalir ke semua rumah.

Memberi kenyamanan dan ketenangan

Memiliki AC di rumah selalu merupakan tambahan yang bisa memberi kenyamanan. Namun, tergantung pada jenis unit AC yang dimiliki, beberapa di antaranya mungkin lebih berisik daripada yang lain. Dengan mengorbankan udara yang dingin dan nyaman, Anda mungkin harus hidup melalui kebisingan. Namun, menggunakan AC sentral membuat Anda tidak perlu khawatir atau direpotkan dengan kebisingan. Kebanyakan AC sentral relatif tenang dibanding sistem AC biasa.

Menghasilkan udara yang difilter

Memiliki kualitas udara yang bersih di dalam rumah atau ruangan sangat penting karena berpengaruh pada kondisi kesehatan. Kualitas udara yang baik dapat secara signifikan menghindari kemungkinan timbulnya penyakit pernapasan. Sejalan dengan itu, salah satu keuntungan paling signifikan memiliki AC sentral adalah bagaimana udara yang didorong melalui saluran disaring. Ini berarti udara di rumah akan memiliki lebih sedikit alergen dan lebih sedikit partikel berbahaya yang mungkin menyertainya. Namun, ingatlah bahwa manfaat ini tidak mutlak. Anda hanya dapat menikmatinya jika filter selalu dibersihkan dan dirawat dengan baik sesuai dengan kebutuhan.

Berencana Pasang AC Central Di Rumah?Yuk Ketahui Keuntungan Dan Kekurangannya Terlebih Dahulu

Kemampuan terbatas mengontrol suhu di setiap ruangan 

Dengan unit AC sentral, udara dingin mengalir melalui semua ventilasi di rumah. Ini memungkinkan semua ruangan diisi udara dingin dengan suhu yang sama.  Misalnya, suhu dingin di ruang tamu yang sibuk akan sama dengan kamar tidur yang privasi atau hanya diisi satu hingga dua orang.

Tentu saja suhu ini akan sangat dingin untuk kamar tidur.  Namun, lantaran kemampuan terbatas tersebut, Anda tidak bisa mengontrol suhu secara mengontrol setiap ruang dengan suhu berbeda, mau tidak mau Anda harus merasakannya.  Akan tetapi, hal ini seharusnya tidak menjadi masalah jika Anda tidak memiliki masalah suhu di beberapa area rumah.

Tagihan listrik lebih tinggi

Karena menjalankan AC di semua bagian rumah, itu berarti membuat konsumsi energi lebih tinggi. Akibatnya, tagihan energi dapat meningkat.  Ini berbeda dengan AC individu yang bisa Anda pilih area mana di rumah yang perlu dipasangi AC dan mana yang tidak.

Baca Juga : https://blog.rumahdewi.com/mcb-listrik-sering-turun-mungkin-ini-penyebabnya-dan-cara-mengatasinya/