Cara Bersihkan Lendir di Paru-Paru

0
514
Cara Bersihkan Lendir di Paru-Paru

Cara Bersihkan Lendir di Paru-Paru – Lendir normal di paru-paru yang sehat berguna untuk memerangkap kotoran sehingga tidak menyebar ke seluruh tubuh. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi, seseorang dapat mengalami beberapa masalah kesehatan yang mengganggu. Selain obat-obatan, masyarakat dapat menggunakan cara alami untuk membersihkan lendir dari paru-paru.

Sebagian besar kasus lendir paru-paru tidak mengancam jiwa. Namun, jika dibiarkan, kondisi tersebut dapat menimbulkan masalah serius seperti bronkitis, pneumonia, atau bahkan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

baca juga : Sayuran Pemicu Asam Lambung

Penyebab produksi dahak atau dahak yang melebihi batas normal biasanya karena pola hidup yang tidak sehat. Kebiasaan merokok dan paparan polusi menjadi penyebab utama kejadian ini. Hasilnya adalah gejala yang mengkhawatirkan seperti sesak napas dan batuk yang tidak kunjung sembuh.

Cara Bersihkan Lendir di Paru-Paru secara alami antara lain :

Minyak Esensial

Minyak esensial telah lama dipercaya dapat melonggarkan pernapasan dan membantu mengencerkan lendir di paru-paru. Bahan essential oil yang paling cocok untuk fungsi ini adalah peppermint dan kayu putih.

Cara menggunakannya tidak sulit. Orang bisa menyiapkan diffuser atau semangkuk air hangat. Kemudian tambahkan minyak esensial dan aduk hingga kedua cairan larut. Hirup uapnya selama 5-10 menit hingga bernapas menjadi lebih mudah. Selain itu, cara alternatif menggunakan essential oil adalah dengan mengoleskannya secara rutin ke dada.

Latihan Pernapasan

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa latihan pernapasan hanyalah cara untuk rileks ketika tubuh lelah, tetapi diyakini juga bahwa metode ini dapat membersihkan paru-paru secara alami. Saat Anda menarik dan menghembuskan napas dalam-dalam, paru-paru Anda perlahan mengembang. Teknik terapi fisik ini dapat menghilangkan lendir yang lengket dan melatih otot paru-paru.

Minum Banyak Air Putih

Anjuran yang paling sering direkomendasikan dan terbukti efektif dari dokter adalah banyak minum air putih. Namun sangat sedikit orang yang menggunakan cara ini, sehingga terkesan sepele. Air ekstra panas seharusnya membersihkan saluran pernapasan dengan mengeluarkan lendir dan kotoran dari paru-paru.

Humidifier

Cara lain untuk menghilangkan lendir adalah dengan menggunakan humidifier atau alat pelembab udara . Ini karena udara atau lingkungan yang kering dapat menyebabkan lendir menumpuk dan menebal. Gunakan alat ini pada malam hari dan letakkan di samping tempat tidur Anda agar Anda dapat tidur lebih nyenyak dan bernapas lebih lega saat bangun tidur.

Madu

Madu merupakan pemanis alami yang memiliki banyak manfaat, salah satunya meredakan batuk. Selain itu, madu dikenal sebagai ekspektoran alami dan zat antibakteri yang mengobati masuk angin dan mengencerkan lendir yang membandel. Sebagai gantinya, gunakan madu murni tanpa tambahan pemanis atau pengawet.

Ingat bahwa cara alami untuk membersihkan lendir dari paru-paru adalah cara alternatif. Jika batuk atau rasa tidak nyaman pada dada berlanjut, segera hubungi dokter.

SHARE