Cara Lindungi Data Pribadi di Internet

0
689
Cara Lindungi Data Pribadi di Internet

Cara Lindungi Data Pribadi di Internet – Internet telah memberikan kemudahan bagi para penggunanya dengan berbagai cara. Namun, bahaya mengintai di dunia maya. Ancamannya beragam mulai dari pencurian data, pencurian hak kekayaan intelektual, sabotase dan masih banyak lainnya. Itulah mengapa kita perlu mewaspadai kejahatan online.

baca juga : Pertumbuhan Internet Beri Dampak Positif Terhadap Industri Real Estate

Data pribadi adalah satu hal yang perlu diperhatikan dan diwaspadai dari kejahatan siber. Hal ini karena pihak yang tidak bertanggung jawab dapat menyalahgunakan data pribadi. Informasi ini memungkinkan mereka meretas akun pribadi, membuat akun pinjaman online menggunakan data kita, menargetkan kita dengan iklan online, dan menjual data untuk tujuan pemasaran.

Simak artikel ini untuk mengetahui cara lindungi data pribadi di internet :

Pastikan data terenkripsi

Setiap situs website memiliki sistem keamanan enkripsi untuk memastikan bahwa data yang dikirimkan melalui situs website sangat terenkripsi. Misalnya, mengamankan HTTP atau yang disebut HTTPS dan sertifikat SSL. Secara umum, situs website dengan perlindungan enkripsi data dapat diidentifikasi dengan alamat email yang dimulai dengan https. Selain itu, keamanan juga terlihat pada logo gembok di pojok kiri atas di samping tautan website.

Hati-hati saat menggunakan jaringan Wi-Fi

Anda harus berhati-hati saat berada di tempat umum dan menemukan koneksi Wi-Fi gratis. Orang yang tidak bertanggung jawab dapat menyalahgunakan jaringan Wi-Fi ini untuk mencuri informasi pribadi. Biasanya, ketika seseorang masuk menggunakan jalur akses palsu, informasi pribadi mereka dicuri. Hindari titik akses yang mungkin meminta nama pengguna, kata sandi, dan data pribadi lainnya.

Mewaspadai tautan phising

Saat ini banyak link yang mengatasnamakan instansi atau organisasi. Dalam beberapa kasus, tautan tersebut dapat mengarah ke halaman login palsu, menjebak, dan mencuri informasi pribadi. Caranya jangan mengirimkan informasi pribadi ke situs yang tidak Anda percayai.

Menggunakan password yang sulit ditebak

Password atau kata sandi adalah hal yang paling penting saat login. Oleh karena itu, gunakan password yang sulit ditebak. Hindari penggunaan kata sandi yang berisi tanggal lahir atau nama Anda. Juga, ubah kata sandi setiap tiga bulan.

Menggunakan mode Incognito ketika berselancar

Saat menjelajahi Internet, gunakan mode penyamaran (incognito). Saat ini, sebagian besar browser canggih sudah memiliki mode ini. Dalam mode ini, ini menonaktifkan penyimpanan data saat menjelajah. Browser tidak menyimpan alamat email dan halaman yang dikunjungi. Browser juga tidak dapat menyimpan informasi pribadi tentang situs web yang dikunjungi, seperti nama pengguna, sandi, cache, dan cookies.

Jadi inilah ulasan cara untuk melindungi informasi pribadi dari kejahatan dunia maya online. Jangan biarkan pihak yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan data pribadi Anda.

SHARE