Indonesia posisi ke 4 di dunia pembangunan gedung

0
2393
Indonesia posisi ke 4 di dunia pembangunan gedung
Indonesia posisi ke 4 di dunia pembangunan gedung dalam hal kemampuan menyelesaikan pembangunan pencakar langit sepanjang 2016 lalu.
Di rilis oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), ada lima gedung yang terbangun dengan total setinggi 1.149 meter.
Gedung Pertama adalah Gama Tower setinggi 285,5 meter. Gedung yang dimiliki oleh dua bersaudara, Ganda dan Martua Sitorus, ini sekaligus merupakan Gedung pencakar langit tertinggi yang ada di Indonesia.
Gama Tower menjungkalkan rekor Wisma 46 yang menjulang 261,9 meter milik Lyman Group. Gedung ini menawarkan fungsi perkantoran dan hotel dengan merek The Westin Jakarta.
Menyusul di posisi selanjutnya oleh BTPN Office Tower setinggi 233 meter. Gedung perkantoran ini mencakup 48 lantai.
Selanjutnya, Capital Place Office Tower dengan ketinggian 215,1 meter. Gedung yang dikembangkan Rajawali Corporation ini meliputi 47 lantai.
Berturut-turut berikutnya adalah International Finance Center Tower 2 dan The Tower yang masing-masing menjulang setinggi 213,2 meter dan 211,8 meter.
Keduanya dibangun oleh raksasa properti Singapura, Keppel Land, dan PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI).
Karena Indonesia posisi ke 4 di dunia pembangunan gedung ini dapat mengungguli negara – negara lain seperti Filipina, Qatar, Australia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Uni Emirat Arab.
Negara Filipina mampu merampungkan empat gedung dengan total ketinggian mencapai 918 meter. Sementara itu, Qatar dapat membangun empat gedung dengan total ketinggian 855 meter lebih pendek daripada Filipina.
Adapun lima negara lainnya hanya bisa membangun masing-masing dua gedung dengan total ketinggian bervariasi, mulai dari 440 meter, 445 meter, 497 meter, 556 meter, dan 467 meter sehingga Indonesia masih mengungguli ke lima negara tersebut.
Secara umum, CTBUH mencatat, China mendominasi peringkat pertama dengan penyelesaian 84 gedung dengan total tinggi seluruh gedung tersebut adalah 20.081 meter atau 67 persen dari total pembangunan gedung di seluruh dunia.
Angka ini meningkat 24 persen dari rekor tahun sebelumnya sebanyak 68 gedung, sehingga China menjadi negara pembangunan gedung tertinggi di Dunia tahun lalu.
Menyusul Amerika Serikat dengan tujuh pencakar langit dengan total ketinggian  7 gedung adalah 1.648 meter dan Korea Selatan dengan enam gedung setinggi total 1.345 meter.
sumber : kompas.com