Cara Memasang Pipa Air Panas

0
573
Cara Memasang Pipa Air Panas

Cara Memasang Pipa Air Panas – Memasang pipa air panas seperti di kamar mandi jangan asal-asalan, pemasangan pipa air panas water heater haruslah aman. Mandi air panas membantu meredakan ketegangan otot dan meremajakan tubuh. Sepanjang hari, tubuh kita melakukan berbagai gerakan fisik yang membuat otot berkontraksi.

Mandi merupakan hal yang sangat penting bagi setiap orang.Biasanya setiap orang mandi dua atau tiga kali sehari.Kegiatan ini dipilih untuk membersihkan tubuh kita dari kotoran dan juga membuat kita merasa lebih rileks.

baca juga : Tips Membersihkan Material Kayu Dari Noda Tanpa Merusaknya

Mandi dengan air hangat menenangkan otot dan persendian. Oleh karena itu, mandi air panas sangat bisa dilakukan setiap hari.

Jadi untuk lebih praktis saat mandi air panas, Anda bisa memasang water heater. Dalam pemasangan hal utama yg harus diperhatikan adalah jenis pipa yang dipilih harus berkualitas baik agar tahan lama.

Di bawah ini ada cara memasang pipa air panas di kamar mandi :

– Menentukan jalur pemasangan pipa

– Bongkar tembok

– Pasang pipa air panas

– Pasang pipa air dingin

– Membenamkan pipa

– Pasang kran air panas

Seringkali, kita membutuhkan peran pipa air panas. Namun, pemasangan peralatan air panas tentunya berbeda dengan pemasangan pipa biasa.

Berikut lima hal yang perlu diperhatikan saat memasang pipa air panas yaitu :

1. Menentukan ukuran pipa

Ukuran pipa mempengaruhi aliran air panas. Ukuran minimum pipa untuk bak mandi adalah 25 mm, 15 mm untuk pancuran mandi dan bak cuci piring.

2. Pemilihan jenis pipa

Disarankan untuk memilih pipa yang terbuat dari PERT (Polyethylene of Advanced Resistance) karena lebih ringan. Selain itu, pipa jenis ini mampu menahan suhu 96 derajat Celcius.

3. Pilih jenis pemanas

Ada dua jenis pemanas, individual dan terpusat. Pemanas sentral pasti membutuhkan pipa yang lebih panjang, sehingga yang masih panas memiliki peluang lebih besar untuk menjadi dingin.

4. Tentukan posisi keran

Sebelum membangun instalasi, harus memastikan ujung keran.

5. Keran pengatur aliran air

Pasang stop keran sebelum menyambungkan pipa ke saluran masuk air bersih dan saluran keluar air panas. Jika water heater tersumbat, tidak perlu mematikan air dari sumbernya.

SHARE