Tips Membersihkan Material Kayu Dari Noda Tanpa Merusaknya

0
51
Tips Membersihkan Material Kayu Dari Noda Tanpa Merusaknya

Tips Membersihkan Material Kayu Dari Noda Tanpa Merusaknya – Kayu merupakan salah satu material yang paling sering ditemukan di rumah. Mulai dari furnitur, peralatan makan dan masak, hingga pondasi rumah.

Meski banyak digunakan, kayu tetap saja memiliki kekurangan. Apalagi kalau bukan karena rentan terhadap pelapukan. Kayu dapat rusak dan ternodai bila tertumpah air atau cairan lain.

Nah, buat kamu yang banyak memiliki furnitur atau lantai dari kayu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan kayu dari noda tanpa merusaknya. Penasaran? Yuk simak langsung tipsnya berikut ini!

Baca Juga :


Berikut tips membersihkan material kayu dari noda tanpa merusaknya

Tunggu hingga kering

Pertama-tama tunggu hingga air di atas kayu kering dahulu. Setelah itu letakkan kain katun bersih dan kering di area noda pada kayu. Kemudian gunakan alat pengering ke atas kain. Kain yang dipanaskan dengan alat pengering dapat menyerap noda pada kayu. Lakukan secara berulang hingga noda benar-benar hilang.

Bersihkan dengan air

Biasanya noda pada kayu di luar ruangan disebabkan oleh genangan air kotor atau tanah basah. Untuk membersihkannya, kamu cukup gunakan selang besar dan semprotkan pada bagian kayu yang bernoda dari atas ke bawah.

Gunakan larutan pemutih

Untuk noda yang sulit dihilangkan, kamu bisa menggunakan larutan pemutih yang telah diencerkan. Larutan pemutih sendiri cukup efektif untuk membersihkan noda membandel pada material kayu.

Sebelum menggunakan larutan pemutih, pastikan untuk memakai sarung tangan tahan air dahulu karena larutan pemutih bersifat keras dan cukup berbahaya jika terkena tangan secara langsung.

Bersihkan kayu dengan diamplas

Terakhir, kamu bisa membersihkan noda pada kayu dengan cara diamplas. Cara ini bisa kamu gunakan bila noda yang menempel sulit dihilangkan dari permukaan kayu.

Itulah beberapa tips membersihkan material kayu dari noda tanpa merusaknya. Semoga bermanfaat!

SHARE

LEAVE A REPLY