Fengshui Ruang Kerja Yang Baik

0
1516
Fengshui Ruang Kerja

Fengshui Ruang Kerja Yang Baik – Belakangan, ilmu dari negeri Cina ini makin populer di masyarakat kita. Banyak orang meyakini, jika mengikuti aturan fengshui, maka segala sesuatu, mulai dari peruntungan sampai kesehatan dan jodoh, akan berjalan lancar. Tak heran jika fengshui sering dijadikan pedoman dalam menata ruangan dengan harapan akan memperoleh keberuntungan. Pada ruang kantor sendiri fengshui diyakini bisa mempengaruhi harmonisasi karier.

Mulai dari tata letak ruangan, barang-barang yang dipajang, sampai arah masuk sinar akan langsung terbayang di kepala Anda. Memang, pada dasarnya fengshui adalah ilmu yang mempelajari cara meletakkan atau memosisikan segala sesuatu, terutama benda, untuk memengaruhi keberuntungan dan kenyamanan serta keamanan seseorang.

Baca juga : Tips Untuk Rumah Tusuk Sate

Penasaran ingin membuktikan? Coba terapkan beberapa aturan ini di ruang kerja Anda. Meski tak mutlak untuk diterapkan, fengshui perlu dipertimbangkan juga, lho. Ajaran fengshui sangat mengutamakan keharmonisan antara air, angin, dan bumi. Ini merupakan unsur utama kehidupan. Jika unsur-unsur ini ditata dengan baik, menurut kepercayaan China, rezeki dan kesehatan akan mengalir dengan baik.

1. Perhatikan posisi meja kerja Anda.

Karena bisnis dan orang-orang yang datang melalui pintu masuk itu, sangat penting bagi Anda untuk tidak duduk membelakangi pintu masuk. Menempatkan meja Anda dengan cara ini akan memungkinkan Anda untuk selalu siap untuk menghadiri apa pun yang datang melalui pintu masuk. Skenario terburuk dimana Anda tidak dapat memindahkan meja Anda, sebaiknya letakkan cermin sehingga Anda masih bisa melihat pintu masuk.

Akan lebih baik jika Anda meletakkan meja di arah datangnya cahaya (sinar). Diyakini cahaya dapat mengalirkan energi atau kekuatan pada tubuh dan pikiran saat bekerja. Sekadar informasi, meja berbentuk L tidak bagus untuk kemajuan karier Anda di kantor karena bentuknya dianggap kurang proporsional dengan tubuh seseorang. Jika bisa pilihlah meja berukuran 150 cm x 85 cm.

2. Sebaiknya hindari duduk menghadap dinding atau membelakangi jendela.

Ini dianggap bad luck terhadap apa pun yang Anda kerjakan di kantor. Jika tak ada pilihan lain, cobalah menghalau bad luck dengan memasang lukisan atau gambar pada dinding di belakang Anda. Jika Anda terpaksa duduk membelakangi jendela, letakkan cermin kecil di atas komputer atau di atas meja, sehingga pengaruh buruk dari jendela bisa dihindari.

3. Letakkan jaket atau blazer pada sandaran kursi

Jika bagian punggung membelakangi area aktivitas sibuk di kantor. Misalnya, membelakangi ruang rapat atau meja kerja rekan-rekan Anda. Ini untuk melindungi Anda dari berbagai hal yang tidak nyaman.

4. Di belakang kursi ada rak buku terbuka (tanpa pintu penutup)?

Sebaiknya ubah posisi duduk Anda. Rak terbuka diyakini akan menangkap semua ‘chi’ (energi kreatif dari tubuh) selama Anda bekerja seharian. Jika Anda tak mengubah posisi duduk, maka daya kreatif akan terhambat.

5. Untuk file-file penting yang berhubungan dengan pekerjaan

Atur rapi dan letakkan di sebelah kiri meja. Ini akan memacu energi yang dapat memperlancar prestasi kerja Anda.

6. Sebaiknya tidak meletakan kabinet pada bukaan pintu

Agar pintu terbuka lebar, sehingga orang leluasa keluar atau masuk. Kabinet tinggi semacam rak buku dan kabinet file jangan sampai menggangu pandangan atau memotong alur jalan Anda karena akan menghalangi pergerakan chi ke dalam ruang kantor dan ruang kehidupan Anda.

7. Perhatikan juga penempatan komputer di meja kerja.

Konon komputer memiliki energi besar terhadap daya kerja Anda. Itu sebabnya, letakkan komputer di atas meja dengan posisi senyaman mungkin. Hindari meletakkan asesori yang berlebihan di atas meja, apalagi dengan warna-warna mencolok seperti merah, orange, biru atau ungu. Menurut fengshui, warna-warna ini dapat menyerap energi positif dari komputer. Ada baiknya Anda tidak meletakkan asesoris dekat komputer.

8. Agar lebih rapi, letakkan alat-alat tulis dalam vas bunga kecil.

Benda ini diyakini dapat menyerap radiasi elektromagnetik sehingga bisa meningkatkan produktivitas. Jangan lupa sediakan selalu segelas air minum di meja untuk membantu stamina Anda saat bekerja. Anda bisa meletakkan alat tulis dan air minum di sisi mana saja. Ini takkan memengaruhi peningkatan kreativitas dan wawasan pengetahuan Anda.

9. Anda senang memajang foto orang-orang tersayang?

Letakkan pigura di sisi kanan meja. Pilihlah foto-foto yang berkesan ceria sehingga meningkatkan semangat kerja. Keberadaan foto orang terkasih di atas meja kerja juga melambangkan keharmonisan suatu hubungan yang erat.

10. Untuk posisi telepon, sesuaikan saja dengan kebiasaan

Anda menggunakan tangan saat menelepon. Jika tidak kidal, letakkan telepon di sisi kanan meja. Namun, jika Anda dominan dengan tangan kiri, letakkan telepon di sisi kiri meja. Jangan meletakkan telepon di tempat yang sulit dijangkau karena akan menimbulkan ‘chi’ negatif yang menimbulkan rasa tak nyaman.

11. Letakkan tempat sampah di posisi kiri bawah meja

Dengan jarak berdekatan dengan meja sehingga memudahkan Anda menjangkaunya dan membuang sesuatu ke dalamnya. Ini dapat menghindari gangguan yang dapat menghambat kelancaran kreativitas Anda.

12.Untuk kamar berbentuk tidak teratur dan dinding polos

Pertimbangkan untuk menempatkan cermin, tanaman, atau lukisan. Membuat lingkungan lebih menyenangkan melalui taktik ini akan meningkatkan energi positif dan nasib baik ruang kerja. Anda akan merasa lebih santai di daerah yang penuh dengan dekorasi indah dan teratur.

13.Pastikan Anda memiliki pencahayaan yang tepat.
Lampu ruang kantor terasa menganggu mata Anda, Pikirkan menggantinya dengan lampu spektrum penuh atau lampu meja yang sehat untuk mata Anda. Pencahayaan dapat meningkatkan produktivitas Anda dan juga dapat membuat mata Anda lebih lelah dan stres.

14. Meningkatkan kualitas udara di ruang kerja Anda

Dengan mengatur menambahkan tanaman pemurni udara.Otak Anda perlu lebih banyak oksigen dan cara apa yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan ini adalah  menghias kantor Anda dengan tanaman yang tidak hanya membuat udara lebih baik tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang lebih menyegarkan.

15. Hiasi ruang kerja Anda dengan air

Seperti air mancur mini atau aquarium ikan.Menurut feng shui, air dikaitkan dengan membawa uang. Air juga dapat menenangkan pikiran Anda saat Anda bekerja.

16. Memilih warna dinding ruang kerja Anda

Untuk mencerminkan jenis energi yang Anda inginkan dengan memilih warna yang tepat untuk desain interior. Setiap warna mewakili satu dari lima feng shui unsur-api, tanah, logam, air, dan kayu-dan dengan setiap elemen, disesuaikan dengan kualitas yang mungkin Anda inginkan untuk pekerjaan Anda.

Nah, apakah fengshui di kantor Anda sudah benar?

Sumber : kompas.com

LEAVE A REPLY