Garuk Kepala Pas Lagi Stress Ada Manfaatnya loh!

0
1247
Garuk Kepala Pas Lagi Stress Ada Manfaatnya loh!

Garuk Kepala Pas Lagi Stress Ada Manfaatnya loh! – Pasti kita sering menggaruk kepala , menggosok telapak tangan ataupun mengupas pelipis ketika sedang stress ataupun memikirkan suatu hal yang tidak terpikirkan. Bahkan tanpa kita sadari kita melakukan gestur tersebut.

Garuk Kepala Pas Lagi Stress Ada Manfaatnya loh!

Terdapat beberapa teori mengapa manusia dapat melakukan hal ini, yang menjadi hal utama adalah melawan gangguan. Contohnya ketika anda menggaruk karena gigitan nyamuk itu untuk menghilangkan gangguan gatal. Menggaruk kepala karena stress merupakan karena hal yang serupa. Tapi ketika menggaruk kepala bukan menjadi tujuan utama ketika sedang stress.

Menurut penelitian, para peneliti mempelajari gerak gerik kawanan para kera rhesus, sesuai dengan gestur para kera tersebut, tim para peneliti ini menemukan beberapa pola yang menarik dari para kera tersebut.

Kera lebih cenderung menggaruk agar terjadi peningkatan tekanan sosial, misalnya bergaul dengan yang lebih besar ataupun yang tidak mereka kenal. Kemudian, kera menggaruk bagian tubuhnya di depan kera sebagai gestur yang stress, cara itu dapat menurunkan 25% resiko yang ada pada kera lain menjadi agresif, bahkan dapat membuat kera lain lebih bersikap ramah.

Para peneliti ini menjadi mengerti bahwa para kera ini juga dapat mengenali kawannya yang sedang dan membuat mereka tidak ingin berinteraksi lebih jauh. “Penyerangan potensial ini dapat menghindari untuk menyerang individu yang sedang terlihat stress ataupun tertekan. Karena orang yang tertekan ini dapat berprilaku yang tidak dapat diprediksi sehingga memberikan orang agresi berisiko ataupun prilaku yang tidak perlu.” kata seorang peneliti dalam makalahnya.

Jadi kesimpulannya, mengapa anda menggaruk kepala ataupun melakukan gestur lain ketika stress adalah untuk mengatakan bahwa kamu itu sedang stress dan mengharapkan untuk yang disekitarnya lebih baik terhadapnya sebagai balasanya.

LEAVE A REPLY