Hal Yang Dapat Terjadi Jika Anda Tidak Sarapan

0
294
Hal Yang Dapat Terjadi Jika Anda Tidak Sarapan

Hal Yang Dapat Terjadi Jika Anda Tidak Sarapan – Banyak orang yang selalu melewatkan sarapan pagi. Alasan yang paling sering di dengar adalah memang tidak makan pagi atau karena perut masih belum ingin makan. Bahkan ada juga yang malas untuk makan pagi.

(baca juga : Tidur Di Kamar Yang Dingin Dapat Mempengaruhi Kesehatan )

Jika anda sering melewati sarapan pagi, terdapat beberapa dampak yang baik dan juga ada yang buruk.

Berikut Ini Hal Yang Dapat Terjadi Jika Tidak Sarapan

Berat Badan Turun

Mungkin ini menjadi hal yang favorit untuk mereka yang ingin diet. Karena jika tidak makan pagi, akan mengurapi asupan kalori hingga 400 kcal per hari. Tapi ini merupakan jenis diet yang tidak ideal karena menurunkan berat badan tanpa sarapan membahayakan tubuh. Ketika perut tidak mengolah makanan, maka sistem tubuh akan ada pada mode proteksi dan menyimpan kalori sebanyak mungkin. Apalagi ketika metabolisme anda melambat, sistem tubuh anda akan mengutamakan pembakaran glukosa yang ada pada otot sebagai energi cadangan. Maka ini akan menyebabkan melemahnya otot-otot anda.

Meredakan Peradangan Kronis

Banyak sekali kondisi kesehatan berat yang berasal dari peradangan kronis ini. Berpuasa yang di sengaja ataupun tidak dengan melewatkan sarapan ini dapat memicu kerja sel beradaptasi untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Puasa selang seling dapat mengurangi asupan kalori, mendorong penurunan berat badan, dan juga meningkatkan kesehatan metabolik.

Tapi, walaupun dapat meningkatkan kesehatan metabolik, tapi ini juga dapat menyebabkan pusing dan sakit kepala, gula darah menurun, pingsan dan juga kurangnya konsentrasi.

Tubuh Akan Terasa Semakin Lapar

Tubuh akan melakukan pembakaran energi yang terimpan pada otot sehingga akan membuat anda terasa lesu. Dan pada saat yang sama, perut anda juga akan mengirimkan sinyal ke otak anda untuk menandakan bahwa perut anda butuh isi dan mulai lah dengan suara perut keroncongan.

(baca juga : Tidur Menjadi Hal Yang Penting Untuk Kekebalan Tubuh)

Semakin lama anda menunda makan, maka akan semakin lapar dan stress. Mungkin jika anda tidak sarapan, anda akan memilih camilan yang tidak sehat dan tinggi gula. Sehingga ini lah yang membuat peningkatan berat badan.

Membakar Kalori Ketika Berolahraga

Jika anda tidak sarapan dan langsung melanjutkan lari pagi atau olahraga pagi lainnya, dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi rendah dan menjadi stress fisik dan mental. Menjadi kecil kemungkinan untuk anda memfokuskan diri pada olahraga.

Menjadi Cepat Pikun

Menurut penelitian membuktikan bahwa anak anak yang rutin sarapan memiliki memori yang lebih baik daripada yang tidak sarapan. Anak yang tidak sarapan akan lebih cepat lelah dibandingkan dengan yang sarapan. Tidak dapat berkonsentrasi, dan juga kehilangan banyak kesempatan untuk stimulasi kognitif.

Jadi untuk sarapan atau tidaknya semua tergantung pada anda sendiri. Jika merasa lapar pada pagi hari, silahkan lah sarapan dan lanjutkan rutinitas anda. Sarapanlah dengan sarapan yang kaya protein. Namun jika tidak merasa lapar dan tidak membutuhkan makan berat pada pagi hari, cobalah untuk memulai dengan yang kecil seperti protein shake atau smoothie biar segar. Kecilkan porsi malam anda dan kurangi minum alkohol di malam sebelumnya.

 

SHARE

LEAVE A REPLY