Tidur Menjadi Hal Yang Penting Untuk Kekebalan Tubuh

0
789
Tidur Menjadi Hal Yang Penting Untuk Kekebalan Tubuh

Tidur Menjadi Hal Yang Penting Untuk Kekebalan Tubuh – Orang yang kurang tidur biasanya akan merasa lemas dan tidak bersemangat sama sekali. Mau apapun aktivitasnya, jika kurang tidur, pasti akan terasa sangat lemas dan pikirannya hanya ingin tidur. Ini terjadi karena tubuh yang belum sempat mengembalikan tenaga dan sehingga sistem imun ini tidak sempat memberpaiki diri. Sehingga akan terasa lemas dan tidak bersemangat.

(baca juga : Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Di Kantor Untuk Kesehatan Anda )

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal Of Physiology – Regulatory, Integrative and Comparative Physiology, menjelaskan bagaimana sistem kekebalan tubuh itu memperbaiki diri ketika anda sedang tertidur. Peneliti ini menumkan bahwa beberapa subset sel T ini berkurang dari aliran darah saat tidur yang dimana ini menjadi resiko infeksi rendah. Sel T ini merupakan jenis sel darah putih dan merupakan dasar dari sistem kekebalan tubuh manusia.

Tidur Menjadi Hal Yang Penting Untuk Kekebalan Tubuh

Sel T berada dalam aliran darah dan siap menyerang virus dan patogen yang ingin menyerang tubuh. Bahkan ketika anda istirahat nyenyak, tubuh mampu melepaskan sel T, hormon pertumbuhan dan mengembalikan epinefrin ke sirkulasi untuk melawan patogen ketika di butuhkan. Dalam penilitian ini, mereka melakukan percobaan untuk mengetahui bagaimana kekurangan tidur ini mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Pada percobaan ini,relawan diperbolehkan untuk tidur pada pukul 11 hingga pukul 7 pagi. Kemudian mengambil sampel darah dari para relawan. Diantara para relawan, semua subset Sel T ini terukur berkurang dalam waktu tiga jam setelah tertidur. Namun jumlah sel T ini tetap tinggi pada subjek yang tidak diiznkan tidur.

(baca juga : Bahaya Yang Terjadi Jika Langsung Tidur Setelah Makan Malam )

Ini menunjukkan bahwa Sel T ini meninggalkan aliran darah dan tidak tau kemana perginya. “Ini merupakan pernyataan yang belum terpecahkan mengenai dimana sel sel didistribusikan kembali saat tidur karena kita tidak dapat mengikuti rute migrasi mereka pada manusia yang sehat. Beberapa petunjuk penilitian menunjukkan bahwa sel ini menumpuk pada kelenjar getah bening saat tidur” kata para peneliti.

Penurunan sel T yang beredar saat kita tidur, membuat peneliti menyimpulkan bahwa satu malam tanpa tidur pun sudah bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh kita

LEAVE A REPLY