Inilah Gedung Berbahan Kayu Tertinggi di Dunia

0
58
Inilah Gedung Berbahan Kayu Tertinggi di Dunia

Inilah Gedung Berbahan Kayu Tertinggi di Dunia – Saat ini semakin banyak arsitek yang berinovasi dan mencari cara untuk menciptakan bangunan atau hunian yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah dengan merancang bangunan berbahan dasar kayu.

Salah satu keunggulan menggunakan kayu sebagai material dasar adalah bangunan berbahan kayu dengan 10 lantai dapat menyerap karbon sebesar 3.100 ton. Dibandingkan dengan bangunan dari bahan baja atau beton yang malah mengeluarkan 1.200 ton.

Terdapat beberapa material berbahan dasar kayu yang bisa dijadikan sebagai bahan dasar bangunan seperti CLT (Cross Laminated Timber) dan Glulam (Glued Laminated Timber). CLT sendiri merupakan panel kayu yang tersusun atas beberapa lapis kayu. Tiap lapisan dari panel kayu terbuat dari kayu gergaji padat yang telah direkatkan.

Sedangkan Glulam merupakan kayu komposit yang tersusun dari beberapa lapisan kayu dan direkatkan. Nah, penasaran gedung mana saja yang berbahan dasar kayu? Berikut ulasannya!

Baca Juga :


Berikut gedung berbahan kayu tertinggi di dunia!

The Cube – London

Inilah Gedung Berbahan Kayu Tertinggi di Dunia

Gedung berbahan kayu yang pertama ini berada di London dan memiliki 10 lantai. Diberi nama The Cube, gedung ini memiliki ketinggian mencapai 33 meter. Pada tahun 2015, gedung ini juga pernah menjadi gedung berbahan kayu tertinggi di dunia. The Cube juga pernah mendapatkan beberapa penghargaan seperti Developments of Outstanding Architectural Merit 2015 di ajang Evening Standard New Homes Award.

Dalston Lane – London

Inilah Gedung Berbahan Kayu Tertinggi di Dunia

Masih di London, Gedung bernama Dalston Lane ini juga berbahan dasar kayu, lebih tepatnya CLT (Cross Laminated Timber). Dengan ketinggian mencapai 33 meter, hampir seluruh bagian gedung Dalston Lane menggunakan CLT mulai dari eksterior hingga interior bangunan 10 lantai ini.

Untuk bagian basement dan ground floor masih menggunakan semen dan baja agar bangunan tidak mudah rusak karena air.

The Tree – Norwegia

Inilah Gedung Berbahan Kayu Tertinggi di Dunia

Gedung bernama The Tree ini merupakan gedung berbahan kayu tertinggi ke-2 saat ini. Dengan ketinggian mencapai 49 meter, gedung ini memiliki 14 lantai. Material kayu yang digunakan adalah glulam dengan ketebalan setengah meter. Untuk dinding dan lantai, material kayu yang digunakan adalah CLT.

Brock Commons Tallwood House – Vancouver

Inilah Gedung Berbahan Kayu Tertinggi di Dunia

Dengan ketinggian mencapai 53 meter, Brock Commons Tallwood House disebut sebagai gedung berbahan kayu tertinggi di dunia. Gedung ini sendiri merupakan sebuah apartemen bagi mahasiswa di Vancouver.

Gedung ini juga mampu menampung hingga 404 siswa dan merupakan bagian dari UBS (University of British Columbia). Terdiri dari 18 lantai, bagian dinding terbuat dari glulam dan lantai terbuat dari CLT. Waktu pembangunan gedung ini juga sangat cepat yakni hanya 70 hari saja.

Itulah gedung berbahan kayu tertinggi di dunia. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY