Berikut Kelebihan dan Kekurangan Atap Spandek!

0
85
Berikut Kelebihan dan Kekurangan Atap Spandek!

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Atap Spandek! – Atap merupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah hunian. Material atap juga banyak jenisnya seperti atap genteng tanah liat yang sudah digunakan dari dulu. Namun seiring berkembangnya zaman, penggunaan atap genteng tanah liat semakin berkurang. Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang beralih menggunakan atap spandek yang cukup populer.

Atap spandek sendiri merupakan atap yang terbuat dari campuran seng, aluminium dan silicon. Atap spandek semakin banyak digunakan karena sifatnya yang ringan, kokoh, awet, serta mudah dibentuk. Tak hanya itu, masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki oleh atap spandek. Sayangnya, dibalik banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh atap spandek, terdapat juga beberapa kekurangan. Penasaran? Yuk simak langsung penjelasannya berikut ini.

Baca Juga :


Berikut kelebihan dan kekurangan atap spandek!

Kelebihan atap spandek

Pemasangan yang mudah

Kelebihan dari atap spandek adalah anda tidak membutuhkan waktu lama untuk memasang atap spandek di seluruh bagian atas rumah karena pemasangannya yang mudah. Meski pemasangannya mudah, bukan berarti atap spandek tidak kuat. Atap spandek sendiri termasuk lebih aman daripada atap lain karena dapat menurunkan resiko ambruknya atap.

Anti retak, anti pecah, anti rayap

Atap spandek memiliki ketebalan beragam, mulai dari 0,3 mm hingga 0,5 mm. Meski tergolong tipis, bukan berarti atap spandek mudah rusak loh. Karena terbuat dari bahan-bahan berkualitas, atap spandek memiliki kelebihan anti retak, anti pecah, bahkan anti rayap loh.

Pilihan warna yang banyak

Berbeda dengan atap jenis lainnya, atap spandek memiliki pilihan warna yang banyak. Anda bahkan bisa mengecatnya sendiri dengan kombinasi warna yang anda inginkan.

Daya tahan yang kuat dan lama

Seperti yang dikatakan diatas, atap spandek termasuk sebagai salah satu atap dengan material yang memiliki daya tahan yang kuat, lama, dan awet. Atap spandek dapat bertahan sampai 20 tahun lamanya.

Kekurangan atap spandek

Daya serap yang tinggi

Salah satu kekurangan atap spandek adalah  sifatnya yang memiliki daya serap cahaya matahari yang tinggi. Bukan tanpa alasan, jika dilihat dari material atap spandek, bahannya termasuk sebagai konduktor panas yang baik.

Dengan begitu, rumah yang menggunakan atap spandek akan terasa sedikit lebih gerah dibandingkan atap lainnya. Oleh karena itu, atap spandek banyak digunakan di daerah-daerah yang sejuk.

Berisik sewaktu hujan

Karena tipis, atap spandek juga cukup berisik apabila sedang hujan. Hal ini dikarenakan atap spandek bukanlah peredam suara yang baik. Jadinya dapat menimbulkan rasa nyaman dalam hunian ketika sedang hujan deras.

Itulah kelebihan dan kekurangan atap spandek. Semoga bermanfaat!

 

LEAVE A REPLY