Inspirasi Desain Rumah Biofilik Adem Meski Tanpa AC

0
67

Inspirasi Desain Rumah Biofilik Adem Meski Tanpa AC

Apa Itu Konsep Biofilik?

Menurut Keller, biofilik merupakan sebuah teori desain yang diawali dari mengkaji fenomena bahwa pada hakikatnya manusia mencintai lingkungan yang alami. Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa manusia berada pada kemampuan optimalnya ketika berada di dalam lingkungan yang alami.

Berikut ini ada beberapa inspirasi desain rumah biofilik yang bisa bikin suasana rumah jadi sejuk,

Desain rumah biofilik sedang menjadi populer belakangan ini. Tak herus mencengangkan, karena rumah-rumah ini sangat sesuai dengan kebutuhan zaman sekarang. Mereka mendukung gaya hidup work from home (WFH), membantu mengurangi stres dan emosi negatif, serta memberikan koneksi yang kuat dengan alam.

 

Desain Rumah Biofilik Kampoong in House

Inspirasi Desain Rumah Biofilik Adem Meski Tanpa AC

Desain rumah ini merupakan karya dari Ismail Solehudin Architecture. Dikenal dengan nama Kampoong in House, rumah ini mengusung konsep kehidupan kampung di tengah perkotaan. Keaslian unsur alamnya terpancar dari bagian depan rumah, yang dihiasi dengan planter box di setiap jendela kamar tidur.

Di dalam rumah, terdapat sebuah lorong yang dikelilingi oleh dinding batu bata dan tanaman hijau. Atap lorongnya dilengkapi dengan skylight untuk memastikan rumah tetap terang secara alami.

Desain Rumah Biofilik Envelope House

Inspirasi Desain Rumah Biofilik Adem Meski Tanpa AC

Rumah Envelope House ini didesain sebagai tempat tinggal untuk keluarga multigenerasi dengan kebutuhan privasi yang sangat penting. Meskipun lahan terbatas, rumah ini memiliki cukup banyak ruang hijau di dalamnya. Courtyard di dalam rumah berfungsi sebagai area publik dan ruang terbuka hijau.

Inspirasi Desain Rumah Biofilik Adem Meski Tanpa AC

Baca Juga: Ini Alasan Bos Properti Sebut Sekarang Waktu yang Tepat Untuk Membeli Rumah

Desain Rumah Biofilik The Brick Connection

Inspirasi Desain Rumah Biofilik Adem Meski Tanpa AC

Dengan nama yang tepat, desain rumah ini menonjolkan penggunaan batu bata sebagai material utama. Batu bata memiliki daya tarik alami dan kemampuan yang baik dalam menahan panas dalam jangka waktu yang cukup lama.

Secara keseluruhan, rumah ini mengadopsi palet warna alam yang tercipta dari kombinasi dinding batu bata, bingkai pintu dan jendela, serta furnitur dari kayu. Tidak hanya itu, rumah “The Brick Connection” ini juga memiliki lantai beton.

Desain Rumah Biofilik House that Rains Light

Inspirasi Desain Rumah Biofilik Adem Meski Tanpa AC

Rumah ini berdiri di atas tanah yang terbatas, dengan sedikit ruang hijau. Untuk mengatasi hal ini, tanaman merambat tumbuh di kisi-kisi luar rumah, menciptakan kesan hijau dan sejuk. Lantai pertama rumah ini berfungsi sebagai ruang tamu, ruang makan, dan dapur. Ada juga taman indoor di area ini. Cahaya alami masuk melalui skylight di setiap ruangan, bersama dengan tanaman yang ditanam di sana.

Rumah ini didirikan di atas lahan yang sempit dan terbatas, dengan sedikit ruang hijau yang tersedia. Untuk mengatasi hal ini, tanaman rambat ditanam pada kisi-kisi di sekitar rumah untuk menciptakan suasana yang hijau dan nyaman.

Desain Rumah Biofilik Rainforest House

Inspirasi Desain Rumah Biofilik Adem Meski Tanpa AC

Selain menerapkan konsep desain biofilik pada satu atau beberapa ruangan di dalam rumah, Anda juga dapat memanfaatkan area tangga untuk menerapkannya. Di Rainforest House, area tangga menjadi menarik karena dimanfaatkan sebagai area panorama.

Tangga di dalam rumah ini dirancang menggunakan bahan metal, sehingga tidak seperti tangga beton biasa yang massif. Di sekitar tangga, terdapat dinding kaca yang memungkinkan penghuni merasakan atmosfer hutan hanya melalui area tangga tersebut.