Langkah Mengajukan KPR Rumah

0
278
Langkah Mengajukan KPR Rumah

Langkah Mengajukan KPR Rumah – Untuk mewujudkan pembelian rumah impian Anda, Anda perlu mengikuti langkah-langkah sederhana saat mengajukan KPR rumah sebagai berikut :

Survei dan tentukan rumah yang diinginkan

Langkah pertama dalam mengajukan pinjaman rumah adalah menentukan rumah yang ingin dibeli. Tidak semua rumah bisa dibeli dengan KPR, jadi sebaiknya tanyakan langsung ke bank atau agen real estate mengenai luas dan lokasi rumah yang menawarkan cicilan dengan KPR.

Anda juga harus meneliti lokasi atau tempat tinggal yang menawarkan KPR. Lihat apakah daerah yang Anda rencanakan untuk ditinggali bebas banjir dan menggunakan air tanah yang masih bersih dan tidak tercemar. Dengan tinggal di hunian yang menggunakan air tanah bersih, Anda bisa menghemat biaya pembayaran tagihan air.

baca juga : Syarat Pengajuan KPR Rumah

Tanyakan lebih detail tentang rumah yang akan Anda beli

Saat melihat kondisi lingkungan sekitar, Anda perlu bertanya lebih spesifik mengenai rumah yang akan Anda beli. Tanyakan sebelumnya tentang harga rumahnya, biaya lingkungan (air, pembersihan, keamanan, dll.), sistem pembayaran cicilan, uang muka, dan lainnya.

Perhatikan juga denah bangunan rumah Anda, apakah ukurannya sesuai dan cukup. Pastikan juga tersedia banyak fasilitas umum di sekitar rumah Anda agar Anda dapat dengan mudah mengakses berbagai sarana transportasi ke pasar terdekat dari rumah Anda.

Pembayaran uang booking sebagai tanda jadi

Setelah Anda meneliti secara menyeluruh rumah yang akan Anda beli, Anda bisa memberikan uang booking sebagai tanda terima pembelian rumah tersebut. Uang booking ini sebagai bukti pemesanan rumah agar tidak ada orang lain yang membeli rumah yang Anda inginkan. Setiap pengembang memiliki aturannya sendiri untuk menerima uang booking. Jadi Anda harus memastikan telah menyelesaikan persyaratan yg ada.

Pengajukan KPR pada Pihak Bank

Selanjutnya, Anda harus mengajukan KPR dari bank pilihan Anda. Saat Anda mengajukan KPR, biasanya Anda langsung dibantu oleh developer yang sudah menjadi mitra bank tertentu. Jika Anda memilih KPR yang tidak bekerja dengan developer rumah, Anda harus mengurus sendiri KPR tersebut. Memenuhi semua persyaratan yang dijelaskan di atas, bank akan memenuhi permintaan KPR dalam waktu satu bulan. Bank sebagai penerbit KPR melakukan survei ke beberapa pihak berbeda dalam waktu satu bulan. Selama proses pemeriksaan, semua aktivitas keuangan Anda di Bank Indonesia akan diperiksa untuk menentukan apakah Anda terdaftar dalam daftar blacklist perkreditan.

Anda harus tahu bahwa untuk membayar cicilan dengan KPR, total pembayaran Anda tidak boleh melebihi 30% dari gaji Anda.Total harga rumah, uang muka, jangka waktu cicilan, dan besarnya gaji Anda akan menentukan apakah bank dapat menyetujui KPR Anda atau tidak.

Utamakan pendapatan Anda untuk bayar cicilan rumah. Hindari membeli rumah saat Anda masih memiliki cicilan lain yang harus dibayar, seperti cicilan kendaraan bermotor. Cicilan lain ini akan semakin membebani Anda dan mempersulit Anda untuk melunasi pembayaran cicilan rumah.

SHARE