Tips Aman Saat Tinggal Sendiri di Rumah

0
1069
Tips Aman Saat Tinggal Sendiri di Rumah
fakta.co.id

Tips Aman Saat Tinggal Sendiri di Rumah – Tinggal di rumah sendiri memang lebih puas dan menyenangkan. Kamu dapat menggunakan setiap ruangan dengan bebas dan sesuai dengan keinginanmu tanpa ada gangguan dari orang lain.
Jumlah orang tinggal di rumah sendirian selalu meningkat tiap tahun. Tapi hal ini malah dapat membuat anda menjadi target tindakkan kriminalitas seperti perampokan atau penculikan.
Ini beberapa tips aman saat tinggal di rumah sendirian , yaitu :
Pencahayaan
Gunakan pencahayaan rumah yang baik dan terang agar jauh dari target kriminalitas. Pasang lampu yang terang di teras rumah dan di dalam rumah sehingga tidak terlihat sepi dan ada orang di dalam rumah.
Buat Kesan Rumah Ramai
Jangan biarkan orang lain tahu kalau anda sedang sendirian di dalam rumah. Ada trik sederhana yang dapat dicobakan agar terkesan ramai, seperti dengan meletakkan beberapa pasang sepatu terutama sepatu pria, meletakkan mangkuk makanan anjing di depan rumah, atau anda bisa mengundang teman atau tetangga untuk menemani anda agar tidak terlihat sepi.
Penguncian yang aman
Jangan hanya mengandalkan kunci pintu saja. Anda dapa menggunakan gembok yang susah di bobol maling untuk lebih aman. Jangan lupa kunci pintu kapan pun karena penjahat selalu mengincar di waktu saat anda sedang lengah.
Pasang Sistem keamanan
Memasang cctv merupakan investasi keamanan untuk rumah anda. Penjahat cenderung menghindari cctv saat ingin merampok rumah. Anda dapat menggunakan cctv palsu untuk menipu penjahat dan jalinlah hubungan baik dengan tetangga sekitar karena mereka dapat membantu memantau keamanan rumah anda sehingga dapat turut menjaga anda.
Jalin Hubungan Baik dengan Tetangga
Dengan menjalin hubungan baik dengan tetangga sekitar, mereka dapat membantu memantau keamanan rumah disaat anda pergi. Tetangga juga dapat membantu anda di saat anda membutuhkan pertolongan seperti di saat tertimpa musibah atau terjadi tindak kriminal.

Inilah artikel tentang Tips Aman Saat Tinggal Sendiri di Rumah. Semoga bermanfaat

baca juga :Tips menghemat pemakaian listrik di rumah

LEAVE A REPLY