Lokasi yang Pas untuk Beli Rumah Yuk Cek Dulu Biar Nanti Tidak Menyesal

0
100

Lokasi yang Pas untuk Beli Rumah Yuk Cek Dulu Biar Nanti Tidak Menyesal

Bukan cuma soal anggaran, ada sejumlah hal lain yang mesti dipertimbangkan sebelum membeli rumah. Salah satunya terkait lokasi hunian berada.
Hal ini patut dipikirkan dengan matang karena lokasi rumah dapat mempengaruhi aktivitas penghuninya. Letak hunian yang strategis bisa mempermudah kamu menjalankan kegiatan harian. Poin plusnya juga, rumah jadi punya nilai lebih jika hendak dijual nantinya.

Steve Sudjianto, seorang pengamat dan ahli properti membeberkan parameter rumah yang terletak di lokasi yang tepat. Menurutnya, ji

“Salah satu indikator bahwa hunian tersebut berada di lokasi yang baik adalah apabila akan disewakan atau ingin dijual kembali, banyak peminatnya (likuiditas tinggi),” katanya,.

Dimanakah Lokasi yang Tepat untuk Beli Rumah?

Lokasi yang Pas untuk Beli Rumah Yuk Cek Dulu Biar Nanti Tidak Menyesal

Dikutip dari catatan detikProperti dan laman Investopedia, berikut lokasi yang pas untuk membeli rumah:

  • Dekat dengan Transportasi Umum
    Hunian dengan akses transportasi umum yang dekat bisa dipilih. Pasalnya, fasilitas tersebut mempermudah kamu untuk menjangkau kendaraan ketika hendak bepergian. Dengan begitu, kamu akan lebih hemat karena tidak perlu ada penambahan ongkos untuk naik angkutan umum.

Lokasi yang Pas untuk Beli Rumah Yuk Cek Dulu Biar Nanti Tidak Menyesal

Baca Juga: Tanda Orang Minimalis yang Hidupnya Sangat Tenang

  • Ada Sarana Penunjang di Sekitarnya
    Sarana mencakup layanan kesehatan, sekolah, hingga toko kelontong atau minimarket juga perlu dipertimbangkan saat hendak beli rumah. Fasilitas tersebut penting ada di sekitar hunian, lagi-lagi agar mempermudah penghuni rumah.Dengan klinik atau rumah sakit yang dekat, kamu jadi tidak terlalu khawatir apabila datang kondisi darurat yang harus segera mendapat pertolongan. Begitu pula kamu tidak perlu jauh-jauh untuk membeli persediaan makanan.
  • Tidak Rawan Bencana
    Penting juga untuk memilih rumah yang tidak terletak di kawasan rawan bencana. Sebagai contoh, hindari hunian yang berada di area rawan banjirSteve menyarankan agar kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu info frekuensi banjir di wilayah rumah yang hendak dibeli. Kamu mendatangi langsung dan menanyakannya kepada lurah. RT, atau warga lingkungan setempat.
  • Terletak di Area yang Aman
    Aspek keamanan rumah juga tidak boleh terlewati. Pilihlah hunian yang terletak di lingkungan dengan tingkat kriminalitas rendah. Bisa juga membeli rumah di kawasan yang ada satpam berjaga, seperti komplek perumahan atau cluster.
  • Memiliki Sumber Air Bersih
    Air bersih termasuk kebutuhan dasar. Air diperlukan untuk masak, minum, mandi, hingga mencuci. Maka itu, kamu perlu mencari rumah yang memiliki akses air bersih. Jika tidak, tentu nantinya kamu akan kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Posisi Rumah yang Nyaman
    Posisi rumah juga perlu diperhatikan. Maksudnya, kamu juga mesti mempertimbangkan letak rumah berada jika kamu membeli rumah di perumahan atau cluster.Sebagai contoh, rumah yang terletak sangat dekat dengan jalan raya biasanya dijual dengan harga lebih murah. Akan tetapi, hunian itu nantinya akan lebih sulit dijual kembali karena lebih sedikit peminat.

    Penyebabnya mungkin karena sebagian orang tidak terlalu nyaman tinggal di lingkungan yang agak ramai lalu-lalang kendaraan.

  • Ada Rencana Pembangunan Ke Depannya
    Lokasi rumah yang di sekitarnya direncanakan akan ada pembangunan fasilitas juga bisa dipilih. Karena, rencana pembangunan sekolah baru, rumah sakit, hingga sarana transportasi umum bisa meningkatkan nilai rumah di kawasan tersebut ketika kamu hendak menjualnya kelak.Nah, itu dia sejumlah lokasi yang pas untuk membeli rumah. Pastikan kamu mempertimbangkan faktor-faktor di atas terlebih dahulu agar tidak menyesal di kemudian hari ya.