Fitur Berbagi Lokasi : Yuk share lokasi livemu dengan Facebook Messenger

0
827
live location messenger
live location messenger

Fitur Berbagi Lokasi atau Live Location Messenger – Seakan tak ada habisnya, Facebook terus memperbaharui fitur di aplikasi Messenger. Yang terbaru adalah fitur Live Location Facebook Messenger yang secara resmi diluncurkan secara global untuk system operasi smartphone android dan iOS.

Selena Wang, Product Manager Facebook Messenger dalam keterangannya mengungkapkan bahwa dengan fitur live location facebook messenger ini, pengguna bakal diberi keleluasaan untuk berbagi keberadaan mereka dengan teman-teman dan keluarga di Messenger ketika sedang chatting.

Sebelum final, facebook telah menguji coba fitur ini untuk beberapa lama, dan melalui sebuah riset diketahui bahwa fitur Live Location ini sangat membantu pengguna dalam berkoordinasi dengan teman-temannya.

Pengguna bisa dengan mudah mengabarkan sudah seberapa dekat mereka saat dalam perjalanan untuk memenuhi janji yang telah dibuat. Pengguna juga bisa berbagi lokasi dengan teman sekamarnya di malam hari saat dalam perjalanan pulang.

Fitur Live Location Facebook Messenger ini juga bisa dilakukan dalam group di Messenger atau hanya dengan satu orang saja – semua tergantung pada pilihan Anda!

Berikut ini panduan menggunakan Fitur Berbagi Lokasi facebook messenger

Cara Mengirim Live Location Facebook Messenger

Fitur Berbagi Lokasi atau Live Location Facebook Messenger
Fitur Berbagi Lokasi atau Live Location Facebook Messenger

Untuk berbagi Live Location di dalam pesan pada perangkat iOS dan android, tekan ikon Lokasi atau tekan ikon “More” dan kemudian pilih Lokasi.

Dengan pembaruan ini, pengguna bisa melihat peta dari lokasi terkini dan pilihan untuk menekan sebuah baris biru untuk berbagi Live Location.

Jika pengguna memilih untuk berbagai Live Location dengan teman atau group, mereka akan melihat keberadaan pengguna di peta selama 60 menit ke depan.

Pengguna akan dapat melihat estimasi tentang berapa lama lagi untuk sampai ke lokasi lainnya dengan menggunakan mobil. (Estimasi waktu kedatangan dapat dilihat oleh orang yang telah dibagikan lokasinya tadi.)

Cara Menghentikan Live Location Messenger

Anda Penggemar Facebook Messenger? Yuk Share Live Locationmu
Anda Penggemar Facebook Messenger? Yuk Share Live Locationmu

Pengguna dapat berhenti membagikan Live Location kapan saja, hanya dengan menekan “Stop Sharing” atau “Berhenti Berbagi”, dan akan melihat waktu yang tersisa untuk berbagi dengan Live Location melalui jam penghitung kecil yang berada di sebelah pojok kanan bawah dari peta tersebut.

Fitur ini juga memungkinkan untuk berbagi titik statis di peta. Contohnya, jika pengguna ingin memberitahu seorang teman akan lokasi kedai kopi tempat Anda akan bertemu dengannya, tekan pin lokasi atau ikon “More” dan kemudian tekan pin merah di bagian pojok kanan layar. Dari situ, Anda bisa dengan mudah mencari lokasi yang Anda akan bagikan atau menggeser dan memindahkan pin di peta. Setelah itu, tekanlah tombol kirim.

Pengguna juga bisa memilih apakah akan berbagi lokasi dalam percakapan di messenger, baik secara terus-menerus selama 1 jam menggunakan live location atau hanya sebagai titik statis.

baca juga : City Guides : Fitur Panduan Perkotaan Dari Google

LEAVE A REPLY