Makanan Puasa Pencegah Dehidrasi

0
408
Makanan Puasa Pencegah Dehidrasi

Makanan Puasa Pencegah Dehidrasi – Saat berpuasa, tubuh mungkin mengalami kekurangan cairan, karena tidak diberikan makanan atau minuman. Namun, ada beberapa jenis makanan  yang bisa mencegah dehidrasi saat berpuasa.

baca juga : Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Thamir Alkasab, seorang ahli urologi di Rumah Sakit Al Zahra Dubai, mengatakan kepada The National News bahwa tetap terhidrasi selama Ramadhan tidaklah mudah, terutama ketika suhu sekitar melonjak tinggi.

Namun, tak perlu khawatir karena ada berbagai makanan yang bisa mencegah dehidrasi saat berpuasa dan bisa disantap saat sahur puasa atau pagi hari.

Berikut beberapa makanan pencegah dehidrasi saat puasa dan tentunya bisa disantap saat berbuka puasa atau sahur :

Mentimun

Mentimun merupakan buah yang mengandung 95 persen air, vitamin dan mineral. Menurut Times Of India, zat dalam mentimun penting karena dapat membuat Anda tetap terjaga selama hari puasa.

Semangka

Semangka mengandung sekitar 92 persen air. Buah ini juga sangat rendah kalori. Tentu saja, ini tidak hanya membuat Anda tetap terhidrasi, tetapi juga meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi peradangan. Ini salah satu sajian untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa

Air kelapa

Mengandung 94 persen air, kelapa tidak hanya membuat Anda tetap terhidrasi tetapi juga membantu mencegah batu ginjal.

Stroberi

Menurut laporan Daily Health, stroberi adalah salah satu buah yang paling menghidrasi, mengandung 91 persen air.

Tomat

Tomat mengandung sekitar 94 persen air. Tomat juga merupakan makanan serbaguna dan lezat yang dapat digunakan dalam berbagai makanan siap saji atau dimakan sebagai camilan. Tomat dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Selada

Semua selada mengandung banyak air, tetapi selada iceberg adalah jenis yang paling menghidrasi, mengandung 95 persen air.

Blewah

Blewah adalah salah satu makanan yang mencegah dehidrasi selama puasa.

Blewah mengandung sekitar 90-99 persen air. Selain itu, kulit dan bijinya kaya akan polifenol, flavonoid, tanin, dan karotenoid, yang menawarkan banyak manfaat kesehatan dan mengurangi risiko dehidrasi. Blewah juga mengandung mineral elektrolit seperti kalsium dan potasium, yang dapat membantu menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh dan baik digunakan sebagai makanan untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa.

SHARE