Mengenal Desain Kantilever yang Bisa Perluas Ukuran Rumah

0
61

Mengenal Desain Kantilever yang Bisa Perluas Ukuran Rumah

Membangun rumah dengan desain kantilever bisa menjadi solusi untuk menambah luas bangunan tanpa memakan banyak lahan. Hal ini cocok bagi kamu yang ingin memanfaatkan setiap potensi ruangan di rumah.
Kamu dapat membuat ruang tambahan yang ‘melayang’. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengorbankan lebih banyak lahan untuk menambah fondasi rumah.

Lantas, apa itu struktur kantilever? Berikut penjelasannya.

Pengertian Kantilever
Berdasarkan KBBI Online, Senin (16/9/2024), kantilever adalah tembok yang menganjur ke luar sebagai penahan balkon. Selain itu, konstruksi batang (balok) yang salah satu ujungnya dijepit dan ujung lainnya bebas.

Dikutip dari Homebuilding & Renovating, Studio Manager dari Resi, Sabatino Torchitti mengatakan desain kantilever adalah fitur struktural yang memanjang secara horizontal dari elemen vertikal dan hanya didukung oleh satu ujung.

Mengenal Desain Kantilever yang Bisa Perluas Ukuran Rumah

Baca Juga : Cuaca Makin Panas gegara Equinox Beberapa Cara Ini Agar Rumah Adem Tanpa AC

Mengenal Desain Kantilever yang Bisa Perluas Ukuran Rumah

“Ini bisa sesederhana balkon kantilever atau sudut terbuka bangunan. Ini juga merupakan desain populer untuk bangunan baru dari kontainer pengiriman yang didaur ulang, di mana satu unit menjorok keluar dari atas yang lain,” kata Sabatino dikutip dari Homebuilding & Renovating.

Fungsi Kantilever
Memiliki elemen yang menggantung memungkinkan kamu menciptakan rumah yang lebih besar tanpa merusak taman. Desain kantilever juga dapat membantu menghindari gangguan pada struktur bangunan lain, misalnya dengan memungkinkan tanaman yang tumbuh di lahan di bawahnya tidak perlu dihilangkan.

Ide perluasan rumah seperti ini sering kali muncul dari lahan dengan struktur yang menantang atau bangunan yang sudah ada. Desain kantilever dapat memaksimalkan ruang tanpa menggunakan lahan.

Melansir dari Tri-Link Builders, saat renovasi rumah, desain kantilever memungkinkan kamu memanjangkan ukuran rumah tanpa harus dilakukan pada setiap lantai. Misalnya kamu ingin kamu ingin memanjangkan kamar tidur utama di lantai dua.

Tidak harus terlalu panjang, kamu bisa renovasi rumah untuk menambah kantilever kecil saja. Tonjolan kantilever kecil memungkinkan Anda menambah sedikit ruang tanpa harus membangun fondasi. Hal ini menjadi solusi yang lebih hemat untuk mendapat ruangan yang lebih luas.