Pertimbangkan 5 Hal Ini Jika Bangun Rumah Sendiri

0
2028
Pertimbangkan 5 Hal Ini Jika Bangun Rumah Sendiri

Pertimbangkan 5 Hal Ini Jika Bangun Rumah Sendiri – Kamu ingin membangun rumah sendiri? Enggak masalah kok. Saat ini pengembang perumahan memang banyak. Konsep dan desain rumahnya pun beragam. Tapi, kalau misalnya kamu memang dapat tanah warisan atau lahan murah, ya enggak apa-apa juga kamu mau bangun rumah sendiri.

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum membangun rumah impianmu. Simak tipsnya berikut ini.
1. Rencanakan Desain Cari saja teman yang berprofesi arsitek sehingga kamu bisa mendapatkan desain dengan harga tidak terlalu mahal. Kalau mau irit, ya cari saja ide di buku, majalah, tabloid, atau berselancar di dunia maya. Rumah minimalis modern bisa menjadi pilihan karena tidak menguras dan banyak. Selain itu, bahan yang diperlukan juga tidak begitu banyak. Yang terpenting berkualitas.
2. Cek Harga Bahan dan Kualitas Ini yang paling repot saat ingin membangun rumah sendiri yakni mencari bahan bangunan sesuai kantong, tapi tetap berkualitas. Mendatangi tiap toko bangunan untuk perbandingan harga mestinya memang kamu lakukan. Jika kamu tidak percaya pekerja konstruksi bangunan yang kamu pekerjakan, ya siap-siap kerepotan dengan mencari bahan bangunan sendiri.
3. Selektif Pilih Pekerja Konstruksi Bangunan Pastikan jasa pekerja yang membangun rumahmu bisa menepati target pembangunan. Jika tidak, maka akan kamu mengeluarkan biaya lagi padahal sebelumnya kamu sudah mengkalkulasikan rencana pengeluaran.
4. Pembangunan Bertahap Mulai lakukan pendirian fondasi bangunan terlebih dahulu, tanpa harus menunggu dana tercukupi untuk keseluruhan pembangunan. Jika kamu memilih menunda untuk membangun, maka bahan atau material bangunan yang akan dibeli, harganya terus naik setiap tahun . Kamu harus rutin mengecek progres pembangunannya.
5. Buat Ruangan Multifungsi Ruang multifungsi sangat berguna untuk menghemat anggaran renovasi. Misal, dapur disatukan dengan ruang makan, ruang keluarga bisa berfungsi juga buat ruang tamu, Dan sebagainya

Inilah artikel tentang Pertimbangkan 5 Hal Ini Jika Bangun Rumah Sendiri. Semoga bermanfaat.

baca juga :4 Aspek Penting Jika Hendak Bangun Rumah

Sumber : Okezone.com