Restoran Konsep Zero Waste

0
296
Restoran Konsep Zero Waste

Restoran Konsep Zero Waste – Zero Waste adalah gaya hidup dimana sampah dihasilkan seminimal mungkin dengan mengikuti prinsip Recycle, Reuse, Reduce. Dengan semangat menjaga lingkungan dari limbah, kini banyak pemilik restoran yang mengadopsi konsep zero-waste di setiap wadah, kemasan, bahkan desain interiornya.

baca juga : Persaingan Ketat Disektor Keuangan

Beberapa restoran yang menggunakan konsep Zero Waste antara lain :

Silo, restoran konsep zero waste pertama di Inggris

Restoran mewah ini berhasil dan konsisten mengelola sampah, salah satunya dengan mengomposkan semua sisa makanan langsung di tempat mereka. Mereka tidak hanya menggunakan energi matahari untuk memenuhi kebutuhan listriknya, tetapi panel yang mereka gunakan terbuat dari kantong plastik daur ulang.

Saat menyajikan minuman, mereka menggunakan gelas yang digunakan untuk selai. Mereka bahkan menggunakan limbah mesin kopi untuk membersihkan toilet. Lebih wah, struknya tidak dicetak setelah makan di sana, tapi dikirim ke email. Totalitas tanpa batas dalam gaya hidup tanpa limbah sampah.

Sat Brains, restoran yang semua bahan makananya bersumber dari kebun di luar restoran

Restoran ini terletak di dekat Nottingham, Inggris. Restoran berbintang Michelin ini tentunya tidak boleh dilewatkan. Di sini Anda dapat melihat bahan-bahan makanan yang tersaji di piring Anda berasal dari mana. Soalnya, di luar restoran ada kebun dan rumah kaca tempat bahan-bahannya berasal. Jadi tidak perlu transportasi, pengemasan dan pengiriman ekstra, karena semuanya dari kebun sendiri. Limbah makanan dari restoran juga diproses. Hasilnya adalah bahan kering, yang kemudian dapat digunakan sebagai kompos.

Ijen Resto, restoran zero waste di Indonesia

Peralatan dan dekorasi yang digunakan Ijen merupakan produk daur ulang yang nantinya bisa didaur ulang. Di Ijen Resto, semua makanan dan minuman yang disajikan diolah dengan menggunakan teknik memasak bebas emisi yaitu menggunakan kayu bakar yang tidak meninggalkan limbah berbahaya di lingkungan.

Untuk melengkapi gaya hidup minim sampah, Ijen berkolaborasi dengan beberapa perusahaan serta petani dan nelayan setempat untuk pasokan bahan-bahan makanannya. Misalnya, semua ikan dan makanan laut yang ditawarkan Ijen berasal dari Bali Sustainable Seafood, sebuah perusahaan sosial yang memasok ikan ke bisnis lokal di pulau Bali. Perusahaan ini menangkap ikan hanya dengan teknik pancingan manual yang aman bagi ikan-ikan kecil dan tidak mengancam kelangsungan biota laut Bali.

SHARE