Soda Api Bikin Pipa Makin Mampet?

0
74
Soda Api Bikin Pipa Makin Mampet?

Soda Api Bikin Pipa Makin Mampet? – Soda api merupakan salah satu bahan kimia yang cukup berbahaya. Jika salah menggunakannya maka soda api bisa menjadi bencana. Namun Anda pasti pernah mendengar atau bahkan membelinya untuk memperbaiki pipa yang mampet.

Entah itu pipa wastafel atau toilet. Soda api memang sering disarankan untuk hal-hal tersebut.Soda api bisa berbahaya karena memiliki sifat yang korosif. Biasanya soda api dijual dalam bentuk bubuk, potongan kecil-kecil atau cair. Tergantung dari kebutuhan dan tujuan pemakaian.

Soda api membersihkan pipa dengan melarutkan lemak dan minyak menjadi sabun, yang mudah larut dalam air. soda api bisa menyumbat saluran air jika salah cara menggunakan, berikut cara pemakaian soda api yang benar.

1. Gunakan Alat Pelindung Diri

Sebelum memakai soda api, untuk keperluan apa pun, Anda harus menyiapkan alat pelindung diri terlebih dahulu. Alat pelindung diri yang bisa Anda gunakan antara lain: sarung tangan pelindung, kacamata pelindung, masker pelindung, dan celemek.

Jangan sampai Anda melewatkan satu alat pelindung pun karena akibatnya akan sangat berbahaya. Pastikan juga alat pelindung yang Anda gunakan masih dalam kondisi baik agar bisa melindungi diri dengan baik pula.

2. Larutkan Soda Api

Setelah menggunakan alat pelindung diri, selanjutnya Anda perlu melarutkan soda api. Larutkan 750 ml atau tiga gelas soda api ke dalam tiga liter air dingin. Pastikan untuk menggunakan wadah yang besar dan tidak dipakai untuk keperluan penting rumah tangga, seperti ember baru atau ember untuk menampung air yang bocor.

Selanjutnya, Anda dapat mencampurkan larutan tersebut sampai merata. Pastikan untuk mengaduk larutan tersebut menggunakan sendok atau spatula yang berbahan kayu. Jangan pernah mengaduk larutan soda api dengan tangan kosong karena bisa membakar kulit.

Soda Api Bikin Pipa Makin Mampet?

Ketika mencampurkan soda api dengan air, akan muncul suara desis dan uap panas. Jangan panik karena hal tersebut normal dan pasti akan terjadi. Pastikan ruangan di mana Anda mencampurkan larutan tersebut memiliki ventilasi udara yang baik, atau lebih bagus lagi di luar rumah.

3. Tuangkan Larutan Soda Api ke Dalam Saluran Air yang Mampet

Setelah larutan soda api tercampur rata, tuangkan semua larutan tersebut ke dalam saluran air yang mampet atau tersumbat. Diamkan larutan tersebut di dalam pipa selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, siram saluran tersebut dengan sekitar empat liter air mendidih.

Jika saluran air masih mampet atau tersumbat, Anda dapat mengulangi langkah ini sekali lagi. Setelah selesai, jangan lupa untuk mencuci semua peralatan yang digunakan di bawah air mengalir. Jangan lupa juga untuk membersihkan diri sendiri.

Baca Juga : 

 

SHARE