Wajib Ada! Begini Tips Memilih Alat Pemadam Api Ringan Untuk Rumah

0
276
Wajib Ada! Begini Tips Memilih Alat Pemadam Api Ringan Untuk Rumah

Wajib Ada! Begini Tips Memilih Alat Pemadam Api Ringan Untuk Rumah – Tidak ada yang tahu kapan musibah datang. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk berjaga-jaga daripada tidak sama sekali. Salah satu musibah yang kerap terjadi di rumah adalah kebakaran. Banyak hal yang dapat memicu kebakaran di rumah.

Salah satunya yang paling sering terjadi adalah akibat korsleting listrik. Selain korsleting listrik, beberapa penyebab lainnya adalah tabung LPG yang meledak, regulator kompor gas yang bermasalah, menggunakan listrik illegal dan akibat kelalaian manusia itu sendiri seperti lupa mematikan kompor gas, menumpuk colokan listrik terlalu banyak, sampai bermain petasan di kompleks rumah yang padat.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, lebih baik berjaga-jaga daripada tidak sama sekali, kamu bisa menyediakan alat pemadam kebakaran ringan di rumah. Hal ini sendiri dianjurkan langsung oleh Dinas Kebakaran agar setiap rumah memiliki APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Baca Juga :


Wajib Ada! Begini Tips Memilih Alat Pemadam Api Ringan Untuk Rumah

Dari segi bentuk, APAR sendiri memiliki 2 jenis yang dijual di pasaran. Yang pertama APAR dengan bentuk tabung dan yang kedua dengan bentuk kapsul.

Meski rumah berukuran kecil, juga wajib untuk memiliki APAR. Minimal setiap rumah memiliki 1 tabung APAR. Dan jika rumah memiliki 2 lantai, setiap lantai wajib memiliki 1 tabung APAR.

Dari segi bahan, APAR juga memiliki 2 jenis yang direkomendasi, yakni APAR yang menggunakan bahan CO2 (Karbon Dioksida) dan Dry Chemical Powder. Keduanya cocok dan aman untuk digunakan di rumah. Keduanya juga terbukti ampuh untuk memadamkan api dengan cepat.

Sayangnya APAR dari bahan Dry Chemical Powder memiliki kekurangan yakni akan menyisakan debu ketika selesai dipakai yang bisa mengotori ruangan. Selain kedua bahan tersebut, ada lagi APAR berbahan liquid atau cairan yang bisa digunakan juga. Namun harganya jauh lebih mahal ketimbang kedua bahan tersebut.

Banyak produsen yang menjual APAR antara lain Gunnebo, Chubb, Yamato, Servo, dan Altek yang merupakan merek yang paling laku dan banyak digunakan. Merek Servo dan Altek sendiri merupakan merek lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan merek luar.

Itulah tips memilih alat pemadam api ringan untuk rumah. Semoga bermanfaat! Untuk informasi properti atau rumah dijual lainnya silahkan kunjungi : Rumahdewi.com.

LEAVE A REPLY