10 Tips Dekorasi Rumah Dengan Budget Murah

0
2288
`6 Tips Dekorasi Rumah Dengan Budget Murah

10 Tips Dekorasi Rumah Dengan Budget Murah – Mendekorasi rumah membutuhkan biaya yang tak sedikit. Tak heran jika banyak orang malas untuk melakukan perubahan pada huniannya.

Padahal kita bisa saja mengakali dengan membuat dekorasi yang hemat biaya. Ada banyak trik bisa Anda lakukan untuk menciptakan dekorasi hunian yang apik dengan biaya minim.

Baca Juga :

Langkah awal Anda harus memulai dengan perencanaan pembiayaan yang matang sehingga dana tidak lari ke pos-pos lain. Artinya, kunci utama, Anda harus mampu menahan diri untuk membeli perabot atau ornamen dekorasi yang mahal.

Berikut ini beberapa tips dekorasi rumah dengan budget murah.

Perencanaan

Perencanaan selalu menjadi hal yang paling utama, terlebih lagi jika Anda harus bekerja dengan budget yang ketat. Anda tentu tidak mau hanya melihat sofa yang bagus tanpa membelinya atau membeli sofa yang tidak bisa masuk ke rumah Anda. Mulailah dengan mencari inspirasi, rinci apa yang Anda butuhkan, buat anggaran, dan berbelanja ke toko. Jangan lupa memasukkan ukuran dalam perencanan. Jangan lupa pula menyesuaikan semuanya dengan keadaan finansial Anda.

Gunakan Barang yang sudah Ada

Dibanding membeli barang baru, Anda bisa memanfaatkan barang yang sudah ada untuk dekorasi. Anda bisa memperbaiki barang lama yang sudah rusak.

Barang yang sudah usang bukan berarti tidak bisa membuat suasana berbeda. Justru hadirnya barang lama bisa membuat suasana berbeda, misalnya radio kuno membuat suasana rumah lebih vintage. Selain itu, suasana berbeda bisa hadir dari berbagai hal-hal pendukung lainnya.

Pilih perabot yang tepat

Pilih perabot yang tepat untuk mendekorasi ruang. Anda bisa memilih desain perabot bergaya klasik agar tak rentan dimakan zaman sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu lama dan dapat sesuai dengan tema ruang apapun.

Dengan begitu Anda tak perlu repot lagi jika sewaktu-waktu ingin mengubah tema ruang kembali.

Perabot tanpa vernis

Perabot yang telah divernis biasanya memiliki harga yang lebih tinggi. Mulai sekarang Anda coba deh membeli perabot yang belum divernis untuk menghemat biaya.

Nantinya Anda dapat mengecat perabot tersebut sendiri. Anda memang akan keluar biaya lagi untuk membeli cat. Tetapi dijamin akan lebih murah dibanding membeli perabot full vernis. Membeli barang yang belum divernis sekaligus memudahkan Anda memeriksa cacat barang tersebut.

Belanja Barang Bekas

Jangan ragu untuk membeli barang bekas di toko loak. Terkadang banyak ‘harta karun’ tertimbun di dalamnya. Membeli barang bekas akan menekan biaya pengeluaran.

Langkah ini juga sangat cocok untuk Anda yang ingin menciptakan ruang dengan tema vintage. Karena umumnya, barang-barang yang dijual di toko barang bekas memiliki ciri antik, kuno, dan jadul.

Main warna

Tak harus mengganti barang lama dengan barang baru, menciptakan dekorasi bisa Anda lakukan dengan memainkan warna. Modalnya cukup cat.

Pilih warna-warna yang sesuai selera Anda. Cat furnitur-furnitur lama dengan warna-warna yang lebih terang dan berani untuk memberikan dekorasi ruang yang lebih berbeda.

Untuk lebih berhemat, Anda bisa mengerjakannya sendiri tanpa bantuan tukang. Mudah dan praktis, kok!

plates-wall-decoration

DIY! Do It Yourself!

Dekorasi dapat didefinisikan sebagai benda yang tidak memiliki fungsi apapun selain memperindah ruang. Dekorasi ini bisa berupa benda seni, poster, karpet, dan lain-lain. Berbagai macam dekorasi bisa dibuat sendiri. Ini akan menghemat banyak uang Anda walaupun usaha yang dibutuhkan sebenarnya lebih besar.

Desain minimalis

Desain minimalis membutuhkan dekorasi ruang yang lebih simple dan mudah diimplementasikan. Desain ini cenderung lebih sedikit menggunakan ornamen sehingga bisa lebih menghemat pengeluaran.

Desain minimalis membuat ruang lebih rapi, modern dan terkesan urban. Cocok untuk para pekerja yang aktif dan produktif.

Tidak perlu melakukannya dalam waktu bersamaan

Saat anggaran Anda hanya sedikit, Anda tentu tidak dapat mendekorasi ulang rumah Anda dalam waktu yang bersamaan. Tentukan prioritas Anda. Ruang mana yang terlebih dahulu, barang apa yang paling dibutuhkan. Seiring berjalannya waktu, dekorasi ruang Anda akan semakin matang.

Mau menggunakan desainer yang murah

Satu hal yang paling penting dari semua tips itu adalah kemampuan Anda mendekor. Jika Anda tidak percaya mendekor, cobalah bayar jasa seorang desainer. Tidak perlu desainer terkenal. Banyak mahasiswa desain yang dapat dibayar dengan upah lebih rendah untuk memperkaya portofolionya.  Akan tetapi, jangan lupa melihat karya-karya yang pernah ia buat.

Itulah 10 tips dekorasi rumah dengan budget murah yang dapat anda terapkan untuk dekorasi rumah anda.

Sumber : okezone.com

SHARE