Tips Agar Tetap Termotivasi Saat Ditolak Pekerjaan

0
97
Tips Agar Tetap Termotivasi Saat Ditolak Pekerjaan

Tips Agar Tetap Termotivasi Saat Ditolak Pekerjaan – Proses mencari kerja memang penuh tantangan dan menguras banyak tenaga. Mulai dari proses cari info lowongan kerja, wawancara kerja, hingga menunggu panggilan kerja.

Jika sebelumnya kamu sudah pernah ditolak beberapa kali, akan sulit untuk bisa tetap optimis dan termotivasi. Nah, agar tetap merasa tenang dan termotivasi saat ditolak pekerjaan, kamu bisa ikuti tips-tips berikut ini.

Tips Agar Tetap Termotivasi Saat Ditolak Pekerjaan

Tips Agar Tetap Termotivasi Saat Ditolak Pekerjaan

Jangan tersinggung

Ditolak oleh perusahaan bukan berarti kamu tidak kompeten. Bisa jadi ada kandidat lain yang direkomendasikan oleh orang dalam atau karyawan, yang mungkin menyebabkan sulit untuk bersaing.

Minta alasan atau tanggapan

Jika kamu ditolak, sebaiknya ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan. Alangkah lebih baik jika kamu bertanya dan minta tanggapan tentang keputusan mereka. Dengan begitu, kamu akan meninggalkan kesan yang baik karena tertarik untuk mengembangkan diri.

Namun perlu diingat, tak semua perusahaan mau memberikan tanggapan atau alasan terkait keputusan mereka.

Tingkatkan keterampilan

Dengan meningkatkan keterampilan, kamu dapat mendaptkan energi baru kembali. Selain menjadi lebih termotivasi, resume juga akan menjadi lebih bagus. Meningkatkan keterampilan sendiri tidak selalu menghabiskan uang. Kamu bisa mengikuti seminar online gratis atau membaca buku.

Ubah taktik dan strategi

Jika masih belum mendapatkan panggilan, mungkin kamu bisa mengubah taktik dan strategi dalam mencari pekerjaan. Kamu bisa mendapatkan informasi lowongan kerja dari banyak tempat. Salah satu yang paling mudah saat ini adalah melalui website lowongan kerja.

Perluas jaringan

Memperluas jaringan dan pertemanan juga bisa mendatangkan peluang baru dalam mendapatkan pekerjaan. Kamu bisa mencoba menghadiri acara-acara industri, job fair, atau peluang jejaring lainnya. Usahakan untuk terus bertemu dengan orang baru. Perlu diingat, salah satu peluang terbesar dalam mendapatkan pekerjaan adalah koneksi atau rujukan karyawan di dalam perusahaan.

Istirahat sejenak

Seperti yang dibahas diatas, mencari kerja memang cukup melelahkan. Oleh karena itu, jangan lupa luangkan waktu untuk istirahat sejenak agar pikiran kembali segar. Dengan kembali segar, kamu bisa melanjutkan proses mencari kerja dengan pikiran dan energi baru.

Itulah beberapa tips agar tetap termotivasi saat ditolak pekerjaan. Tetap semangat!

SHARE

LEAVE A REPLY