Tips Desain Feng Shui untuk di Kamar Tidur

0
91

Tips Desain Feng Shui untuk di Kamar Tidur – Ketika diterapkan pada desain interior, feng shui melibatkan penataan furnitur, karya seni, dan dekorasi rumah secara cermat untuk mencapai keseimbangan yang damai.

Seni feng shui Tiongkok kuno berfokus pada penciptaan harmoni dan keseimbangan dengan alam; “feng” berarti angin dan “shui” berarti air. Hal ini berakar pada filosofi Tao, di mana chi (atau Qi) adalah kekuatan hidup atau energi yang ditemukan dalam segala sesuatu di bumi.

Ketika diterapkan pada desain interior, feng shui melibatkan penataan furnitur, karya seni, dan dekorasi rumah secara cermat untuk mencapai keseimbangan yang damai. Seluruh rumah dapat dirancang atau didekorasi mengikuti prinsip feng shui, namun setiap ruangan – khususnya kamar tidur – dapat memperoleh manfaat dari keharmonisan yang lebih besar.

“Feng shui adalah tentang keseimbangan dan kedamaian di kamar tidur,” kata Amy Youngblood, pendiri dan desainer utama Amy Youngblood Interiors di Cincinnati. “Menata furnitur dan mengatur segala sesuatunya akan memastikan Anda memiliki ruang kosong untuk membantu menenangkan dan menjernihkan pikiran. Ini menciptakan kenyamanan dengan tetap mempertahankan desain yang indah dan sederhana.”

Tips Desain Feng Shui untuk di Kamar Tidur

Baca Juga : 7 cara membuat ruang tamu Anda terlihat lebih besar!

Bagaimana Menerapkan Prinsip Feng Shui pada Kamar Tidur Anda

Meskipun mempekerjakan seorang desainer interior yang berpengalaman dalam dasar-dasar feng shui adalah salah satu cara untuk meningkatkan keseimbangan di kamar tidur, para DIYer yang berpikiran terbuka dapat menangani beberapa tugas mereka sendiri. Berikut beberapa tips dari para profesional tentang cara menerapkan feng shui pada desain kamar tidur.

Rapikan

Anda telah mendengarnya berkali-kali dari semua orang mulai dari pembuat rumah hingga ahli pengorganisasian rumah: Singkirkan barang-barang yang tidak diperlukan. Tidak mengherankan, kamar tidur yang bebas dari kekacauan – atau ruangan mana pun – sangat baik untuk feng shui. “Efek luar biasa yang ditimbulkannya terhadap perasaan Anda dan energi yang mengalir ke dalam rumah Anda sungguh mengejutkan,” kata Joshua Smith, pimpinan dan pendiri Joshua Smith Inc., yang berbasis di New York City.

Buat Jalur yang Jelas

Apakah kamar tidur Anda dipenuhi furnitur yang kusut? Apakah lantainya ditutupi pakaian dan sepatu bekas? (Tidak ada penilaian di sini.) Menata ulang barang dan merapikannya bukan hanya untuk estetika; Youngblood mengatakan Anda juga akan “menciptakan jalur yang jelas untuk aliran yang mudah dan damai.”

Hapus Simbol Negatif

Lihatlah karya seni atau dekorasi di kamar Anda. Apakah ada yang memancarkan hal negatif baik dalam pemikiran atau desain? Jika demikian, itu harus dihentikan. “Pilih karya seni dan objek lain yang membawa energi yang membangkitkan semangat,” kata Smith.

Buka Jendela

Udara segar selalu merupakan hal yang baik, tetapi sangat baik untuk feng shui. “Udara segar juga mengedarkan energi atau chi di rumah Anda sekaligus meningkatkan kadar oksigen dan menghilangkan bakteri di udara,” kata Smith.

Biarkan cahaya matahari masuk

Cahaya alami adalah “keharusan feng shui” kata Devin Shaffer, desainer utama Decorilla Interior Design di San Francisco, meskipun sulit untuk mencapainya di kamar tidur, di mana kegelapan adalah kunci untuk tidur malam yang nyenyak. Untuk mencapai keseimbangan yang tepat, dia merekomendasikan tirai anti tembus pandang, dengan memperhatikan bahwa Anda juga dapat menambahkan lapisan anti tembus pandang pada perawatan jendela Anda saat ini.

Hiasi Berpasangan

Memiliki dua perabot yang sama menawarkan keseimbangan yang didambakan, kata Smith. Para lajang yang sedang mencari pasangan memiliki kesempatan untuk membiarkan desain kamar tidurnya menarik perhatian pasangannya. Daripada menggunakan satu meja di satu sisi tempat tidur, Smith menyarankan untuk meletakkan satu meja di kedua sisi, serta menyisakan sedikit ruang di lemari untuk pakaian dan sepatu pasangan. “(Pengaturan ini) akan mengundang energi kemitraan dan cinta ke dalam rumah Anda,” katanya.

Tambahkan Tanaman

Lewati versi palsu dan tambahkan tanaman yang mudah dirawat di kamar tidur. “Mereka membersihkan udara dan menghadirkan chi yang kuat ke dalam rumah Anda,” kata Smith. Selain warna hijau cerahnya, tanaman benar-benar menambah kehidupan pada ruangan mana pun.

Susun Cermin dengan Hati-hati

Beberapa pakar desain akan menyarankan untuk menghilangkan cermin sama sekali dari kamar tidur. “Cermin di kamar tidur dapat mengaktifkan terlalu banyak energi,” kata Mary Patton, pemilik dan desainer di Mary Patton Design di Houston.

Namun jika Anda tidak memiliki ruang lemari pakaian atau ruang khusus lainnya untuk berpakaian, berhati-hatilah: Penempatan cermin kamar tidur yang cermat dapat menjaga kepraktisan sekaligus menjaga keseimbangan dan keharmonisan. “Kami selalu menyarankan klien untuk menghindari menempatkan cermin langsung menghadap tempat tidur, karena dapat mengganggu tidur dan menimbulkan rasa gelisah,” kata Shaffer. “Jika Anda memiliki cermin, pastikan cermin tersebut tidak memantulkan tempat tidur saat Anda berbaring di dalamnya.”

Tempatkan Tempat Tidur Anda pada Posisi Memerintah

Tips Desain Feng Shui untuk di Kamar Tidur
Tergantung pada ukuran dan tata letak ruangan Anda, Anda mungkin tidak memiliki banyak pilihan di mana Anda akan meletakkan tempat tidur. Namun untuk pengaturan feng shui yang ideal, Patton mengatakan, “Tempat tidur harus berada paling jauh dari pintu tanpa menghadapnya, tetapi Anda harus dapat melihatnya dari suatu sudut.”

Pengaturan ini dikenal sebagai posisi memerintah dalam feng shui, dan dapat diterapkan di ruangan mana pun di rumah untuk memastikan pandangan yang jelas tentang siapa yang masuk atau keluar ruangan. Shaffer mengatakan menempatkan tempat tidur dalam posisi memerintah berarti “Anda segera mencapai keseimbangan sempurna antara ‘berada dalam kendali’ dan mengundang energi positif untuk mengalir dengan bebas.”

Tips Tambahan Feng Shui untuk Waktu Tidur yang Harmonis

Selain tempat tidur yang tertata rapi dan ditempatkan pada posisi utama ruangan, ada cara lain untuk menciptakan tempat beristirahat yang damai dan seimbang, kata Artem Kropovinsky, desainer interior dan pendiri Arsight di New York City.

  • Tambahkan kepala tempat tidur. Headboard menambah kenyamanan dan estetika yang menarik, namun seperti yang dikatakan Kropovinsky, “Ini mungkin juga berfungsi untuk meminimalkan cahaya dan kebisingan, sehingga berpotensi meningkatkan kualitas tidur Anda.”
  • Jangan menyimpan barang di bawah tempat tidur. Maaf jika ini adalah peretasan organisasi rumah favorit Anda, tetapi tempat sampah di bawah tempat tidur dan rangka tempat tidur dengan penyimpanan internal tidak mematuhi prinsip feng shui. “Hindari menyimpan barang-barang di bawah tempat tidur Anda untuk menjaga suasana terbuka dan luas, sehingga menumbuhkan ketenangan,” kata Kropovinsky.
  • Pilih tempat tidur yang nyaman. Mudah-mudahan Anda sudah melakukan ini, feng shui atau lainnya, tetapi Kropovinsky menyarankan untuk memilih sesuatu yang mewah dengan warna yang Anda suka. “Ini dapat memfasilitasi relaksasi dan dekompresi setelah hari yang melelahkan,” katanya.
  • Kirim hewan peliharaan ke tempat tidur di tempat lain. Meskipun bayi berbulu kita memberikan keseimbangan dan kegembiraan dalam hidup kita selama jam-jam bangun, yang terbaik adalah membiarkan mereka tidur di tempat lain pada malam hari untuk menjaga kamar Anda lebih bersih dan bebas dari bulu hewan peliharaan, kata Kropovinsky.
  • Singkirkan gangguan. Ponsel, tablet, dan layar TV tidak hanya membuat kita terjaga sepanjang waktu, namun cahaya biru yang memancar dari layar juga merupakan pengganggu siklus tidur yang terkenal buruk. Jika Anda memiliki TV di kamar, Kropovinsky menyarankan untuk mematikannya saat tiba waktunya tidur.
  • Simpan buku di tempat lain. Jika membaca adalah bagian dari rutinitas santai sebelum tidur, itu tidak masalah, namun beberapa ahli feng shui akan menyarankan agar buku tidak dimasukkan ke dalam kamar tidur sama sekali.

Catatan kaki feng shui untuk kutu buku: Dapat dimengerti, tip desain terakhir ini mungkin akan membuat para pecinta buku terpesona. Tapi ada penjelasan rasional.

“Dalam filosofi feng shui, buku melambangkan kebijaksanaan dan pencerahan,” jelas Kropovinsky. “Meskipun hal ini berdampak positif dalam mendorong pertumbuhan dan pembelajaran, elemen-elemen tersebut secara berlebihan dapat mengintimidasi dan berpotensi menyebabkan stres.”

Tentu saja, jika membaca adalah bagian dari rutinitas relaksasi Anda yang menenangkan, teruskanlah. “Namun, jika buku berkontribusi terhadap perasaan stres atau tidak nyaman, sebaiknya pindahkan buku ke ruangan lain,” kata Kropovinsky. Namun jika Anda berdiri teguh dan menyimpan tumpukan di meja samping tempat tidur Anda, jagalah agar tetap rapi dan hindari judul apa pun yang berhubungan dengan pekerjaan atau topik stres lainnya.

Berlandaskan filosofi Tiongkok kuno, feng shui bukanlah tren baru. Jika prinsipnya diterapkan pada desain interior, khususnya pada kamar tidur, kita bisa menikmati istirahat malam yang lebih nyenyak. “Jika Anda bangun dengan tenang dan rileks, hal itu akan menjadi landasan bagi kehidupan yang produktif, sehat, dan bahagia,” kata Patton.