7 cara membuat ruang tamu Anda terlihat lebih besar!

0
126

7 cara membuat ruang tamu Anda terlihat lebih besar! – Baik ruang tamu Anda berukuran kecil atau memiliki luas lantai yang luas, selalu ada ruang untuk perbaikan agar terlihat (dan terasa) lebih besar.

Kami telah mengumpulkan trik desain terbaik untuk membantu membuat ruang tamu Anda terlihat lebih besar dan ini sangat mudah.

7 cara membuat ruang tamu Anda terlihat lebih besar!

1. Gunakan warna putih untuk memantulkan cahaya

Ada alasan mengapa putih menjadi pilihan warna populer di ruang tamu kecil. Ini menciptakan ilusi ruang, terutama jika ruang tamu Anda mendapat banyak cahaya alami yang dapat memantul dari dinding.

‘Pilih warna putih bersih atau cemerlang untuk ruangan kecil guna menciptakan suasana bersih dan menenangkan,’ kata Zara O’Hare, pakar desain interior di Land of Rugs.

7 cara membuat ruang tamu Anda terlihat lebih besar!

‘Untuk menghindari ruangan tampak membosankan, padukan warna-warna hangat atau cerah pada perabotan, aksesori, atau tanaman subur untuk menonjolkan warna. Warna putih terlihat indah jika dipadukan dengan lantai kayu yang lebih gelap atau permadani yang menakjubkan.’

Cermin dan permukaan lain yang memantulkan cahaya juga akan membantu membuat ruang tamu Anda terasa lebih terang.

Baca Juga : Panduan Feng Shui Untuk Tahun Keberuntungan Naga

2. Gunakan pencahayaan sekitar

Untuk memperluas ruang secara visual, semuanya bergantung pada pencahayaan. Pencahayaan rendah – bila dilakukan dengan benar – bisa terasa nyaman, namun bisa berdampak sebaliknya pada ruangan yang terlalu gelap.

7 cara membuat ruang tamu Anda terlihat lebih besar!

‘Mengandalkan satu sumber pencahayaan dapat menciptakan sudut-sudut gelap yang membuat ruangan terasa dingin dan tidak menarik’ kata Victoria Foster, penata interior di ScS, ‘Atau, jika Anda memiliki pencahayaan di atas kepala yang sangat terang, pencahayaannya bisa menjadi terlalu terang sehingga menyulitkan untuk santai.

‘Ruang tamu adalah ruangan paling penting untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat karena Anda cenderung menggunakannya untuk bersantai di penghujung hari. Melapisi pencahayaan Anda dengan menambahkan lampu lantai atau lampu meja dapat menambah dimensi pada ruangan. Pilih bohlam bernuansa hangat untuk menciptakan suasana nyaman.’

3. Memiliki Tampilan yang Bersih

7 cara membuat ruang tamu Anda terlihat lebih besar!

Kekacauan membuat ruang tamu Anda terasa sempit dan karenanya menjadi lebih kecil. Mengambil pendekatan ‘lebih sedikit lebih baik’ adalah langkah yang baik jika Anda mencoba untuk secara fisik membuat lebih banyak ruang di rumah Anda, namun ini tidak berarti Anda tidak dapat menyimpan hal-hal yang Anda sukai.

Sangat penting untuk memikirkan nilai (khususnya, nilai pribadi) dan fungsionalitas, ketika memutuskan ruang apa yang layak di ruang tamu Anda.

‘Membersihkan segala kekacauan yang mungkin menghabiskan ruang di rumah Anda adalah cara yang bagus untuk membuat ruangan Anda terasa lebih bersih dan damai secara keseluruhan,’ kata Colette Toman, penata interior di Make My Blinds. ‘Membuang apa pun yang tidak memiliki tujuan dalam hidup Anda, dan memiliki lebih sedikit barang di rumah secara umum, mengurangi tingkat stres dan membantu Anda mengurangi rasa kewalahan.

‘Sebaliknya, berinvestasilah pada beberapa barang berkualitas tinggi yang memiliki nilai estetika dan fungsional. Hal ini memastikan bahwa setiap item memberikan kontribusi yang berarti pada ruangan Anda, menciptakan lingkungan yang terkurasi dan halus. Dengan memprioritaskan kualitas, Anda tidak hanya mengurangi kebisingan visual tetapi juga menghadirkan kesan keahlian dan umur panjang pada dekorasi rumah Anda, menekankan gaya abadi dibandingkan tren yang cepat berlalu.’

Untuk penataan lebih lanjut, furnitur yang menyimpan barang-barang yang tidak terlihat akan selalu menjadi investasi yang baik. Bayangkan bangku ottoman dan meja kopi dengan laci tersembunyi.

4. Gunakan warna hitam untuk menciptakan kedalaman

Mungkin tampak berlawanan dengan intuisi untuk menggunakan warna hitam pada interior Anda jika Anda mencoba membuatnya terlihat lebih besar, namun jangan mengabaikannya sepenuhnya.

‘Warna gelap memiliki kekuatan untuk menciptakan kontras dan kedalaman, membuat dinding Anda menyusut dan langit-langit Anda tampak lebih tinggi,’ kata Zara. ‘Menggunakan warna gelap pada aksen dinding, langit-langit, atau lantai dapat menghasilkan efek mencolok ini.’

Jadi, dengan menggunakan warna hitam secara hati-hati dan hemat, Anda bisa menciptakan ilusi ruang vertikal. Dan jika Anda mengontraskannya dengan warna dinding, Anda dapat membuat ruang tamu Anda terasa lebih luas.

5. Memilih lantai yang tepat

Tahukah Anda bahwa pilihan lantai dapat berdampak langsung pada cara Anda memandang kedalaman dan ukuran ruangan Anda? Ini bukan hanya dalam hal warna dan hasil akhir yang lebih terang, tetapi juga bagaimana tekstur dan pola menciptakan ilusi optik.

‘Bukan hanya warna dinding yang membuat perbedaan, pilihan lantai juga sama pentingnya,’ kata Natalie Mudd, direktur kreatif di The Wood Flooring Co.

‘Memilih lantai kayu dengan warna lebih terang memberikan ilusi tapak yang lebih banyak. Arah lantai memberikan dampak besar pada aliran dan nuansa spasial sebuah ruangan. Saya sarankan menempatkan papan sejajar dengan dinding terluas. Ini akan menciptakan tampilan memanjang dengan menarik perhatian ke bagian ruangan yang paling panjang.’

6. Buatlah pilihan furnitur yang Bagus

hb x licensing shoot 22nd march 2021, photographer polly wreford, stylist jen haslam, production sarah keady

Sofa Anda sering kali merupakan perabot yang paling dominan secara visual di ruang tamu Anda, jadi penting untuk memilih dengan bijak, sesuaikan dengan ruangan, bukan berlawanan dengannya. Jujurlah pada diri Anda sendiri dalam hal apa yang bisa Anda muat dengan nyaman – tidak hanya secara fisik, tetapi juga dalam hal tampilan visual.

Pilih sofa dengan ruang antara alas dan lantai, yang memungkinkan cahaya masuk ke bawahnya.

Anda juga bisa berkreasi dengan jenis sofa yang Anda pilih – desain modular dapat disesuaikan dengan kebutuhan ruangan Anda, serta tata letaknya yang sudah canggung.

Jemma Jaques, pimpinan desain visual di The Lounge Co., menyarankan: ‘Jika Anda memimpikan sofa sudut tetapi khawatir sofa tersebut akan terlalu besar untuk ruang santai Anda, maka ada baiknya mempertimbangkan sofa modular.

‘Sofa modular atau sectional, seperti namanya, hadir dalam unit terpisah. Anda dapat membuat sofa pesanan khusus yang cocok untuk Anda hanya dengan menambahkan, melepas, atau menata ulang modulnya. Anda dapat memanfaatkan sudut kecil yang tidak terpakai dengan membuat sofa sudut kecil dari unit sudut dan dua ujung lengan.’

Alternatifnya, Anda tetap bisa mendapatkan nuansa sofa sudut tanpa ukurannya yang mendominasi. Masuk: kursi sofa. ‘Pada dasarnya ini adalah sofa tiga atau empat tempat duduk dengan tempat duduk yang diperpanjang di salah satu ujungnya, menciptakan pengaturan tempat duduk berbentuk L. Sofa ini memakan lebih sedikit ruang dibandingkan sofa sudut dan sempurna untuk menyediakan banyak tempat duduk bila diperlukan,’ jelas Jemma.

7. Jangan abaikan jendela Anda

Tirai sering kali dilupakan dalam hierarki yang membuat ruangan terasa lebih besar. Namun bila dipilih dengan benar dan ditata dengan baik, hal-hal tersebut dapat menjadi faktor penentu dalam memberikan kualitas ruang tamu Anda yang lapang.

Tirai panjang yang menutupi lantai dan digantung tepat di atas jendela Anda, menarik perhatian ke atas, membuat langit-langit terasa lebih tinggi, dan dengan demikian, membuat ruang tamu Anda terlihat lebih besar.

Tirai berwarna gelap dan tebal dapat terasa mengesankan, jadi pilihlah tirai berwarna terang dan tirai yang terbuat dari bahan yang lebih sejuk – linen, katun, atau sejenisnya. Ada baiknya juga menggunakan panel voile di belakang tirai Anda, yang memberi Anda privasi di siang hari sambil tetap membiarkan banyak cahaya alami masuk. Ini juga berguna jika pandangan Anda agak kacau, karena panel voile menutupi dunia luar dan memberikan kesan lebih tenang pada ruang tamu Anda.