Tips Efektif Untuk Mengurangi Risiko Kerusakan Rumah Akibat Banjir

0
286
Tips Efektif Untuk Mengurangi Risiko Kerusakan Rumah Akibat Banjir

Tips Efektif Untuk Mengurangi Risiko Kerusakan Rumah Akibat Banjir – Perubahan cuaca yang tidak menentu memang semakin sering terjadi. Apalagi bagi kamu yang hidup di daerah beriklim tropis. Kewaspadaan pun harus ditingkatkan dimanapun kita berada. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa kondisi rumah dalam keadaan aman ketika hujan deras turun.

Pastikan rumah mampu bertahan dari kemungkinan terkena banjir. Tentu kamu tidak mau bukan barang-barang di rumah rusak atau bahkan rumah rusak dikarenakan banjir yang melanda. Lantas apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko kerusakan rumah akibat banjir? Penasaran? Yuk simak langsung tipsnya berikut ini!

Baca Juga :


Berikut tips efektif untuk mengurangi risiko kerusakan rumah akibat banjir

Pastikan selokan bersih dari kotoran

Hal paling penting yang harus kamu lakukan adalah memastikan selokan bersih dari kotoran-kotoran yang dapat menyumbat selokan tersebut. Kumpulan daun, ranting, sampai sampah-sampah plastik kerap kali ditemukan di selokan. Jika dibiarkan tersumbat, air hujan akan meluap dan menyebabkan banjir.

Cek setiap celah di rumah

Buat kamu yang tinggal di daerah yang sering hujan, cobalah untuk periksa setiap celah yang ada di rumah. Pastikan agar celah atau lubang di sekitar pintu dan jendela rumah sudah tertutup rapat agar mencegah risiko merembesnya air hujan.

Amankan peralatan listrik

Jika hujan sangat lebat dan ada kemungkinan banjir terjadi, pastikan untuk mengamankan segala peralatan yang berhubungan dengan listrik. Kamu bisa simpan barang-barang tersebut di lantai atas rumah atau bagian atas rumah.

Seperti yang kita ketahui, air yang bertemu dengan listrik sangat membahayakan dan dapat mengakibatkan korsleting listrik. Pastikan juga semua soket listrik tertutup rapat dan tidak dalam keadaan aktif.

Tutup ventilasi udara

Apabila banjir kemungkinan besar terjadi, pastikan untuk menutup sementara ventilasi udara dengan plastik tebal. Hal tersebut karena ventilasi udara merupakan salah satu jalur yang bisa dimasuki air.

Itulah tips efektif untuk mengurangi risiko kerusakan rumah akibat banjir. Semoga bermanfaat! Untuk informasi properti atau rumah dijual lainnya silahkan kunjungi : Rumahdewi.com.

SHARE

LEAVE A REPLY