Balkon dalam Rumah, Pilihan Baru Untuk Bersantai

0
810
Balkon dalam Rumah, Pilihan Baru Untuk Bersantai

Balkon dalam Rumah, Pilihan Baru Untuk Bersantai – Biasanya balkon banyak ditampilkan di area luar rumah yang menghadap ke taman bagian depan. Namun, menghadirkan balkon dalam rumah bisa memberikan sensasi berbeda untuk tempat bersantai Anda.

Pada tatanan interior teater sering sekali kita jumpai indoor balcony atau balkon kecil yang menghadap ke bagian panggung. Padahal sebagai sebuah relief ruangan, balkon yang ada di dalam ruangan sangat cocok diaplikasikan di dalam rumah. Balkon indoor sejatinya digunakan sebagai tempat duduk santai kini bisa Anda fungsikan lebih, yaitu sebagai galeri mini di rumah. Balkon bisa diklasifikasikan dalam tiga tipe, yaitu false balcony , faux balcony, dan true balcony .

Baca Juga :

“Untuk menghadirkan balkon dalam rumah (indoor) , kita bisa menggunakan tipe true balcony atau false balcony . Jika ingin yang lebih besar dan fungsional, kita bisa menggunakan true balcony ,” kata arsitek Satrio Herlambang. Balkon di dalam rumah idealnya memiliki panjang sekitar 36 inci dari bidang datar. Dengan area seluas ini balkon indoor bisa terlihat ideal dan multifungsi.

Selayaknya sebuah upper floor , balkon indoor menawarkan pemandangan menarik dari interior di bawahnya. Sebagai sebuah aplikasi interior, balkon indoor pun mampu menambahkan efek drama pada interior void Anda. “Kehadiran balkon indoor di ujung void rumah membuat atmosfer luas dan terbuka serta mampu menyuguhkan pemandangan berbeda pada atap terbuka di lantai bawah,” kata Satrio.

Menghadirkan balkon dalam rumah (indoor) tentu sangat berbeda dengan konsep balkon di teater pertunjukan yang fungsinya sebagai tempat penonton. Balkon indoor di rumah tinggal bisa difungsikan sebagai functional space , misalnya untuk meja telepon atau tempat pajangan vas dan guci besar Anda. Tidak terlepas`dari fungsi asalnya, balkon indoor di rumah tinggal pun layak dijadikan sebagai spot yang nyaman untuk bersantai dengan single chair dan small rounded table .

Penggunaan railing pada balkon bukan hanya atas alasan keamanan, tapi railing dengan desain unik dan menarik bisa mengubah kesan kaku menjadi terlihat elegan. “Penambahan artificial plant pada railing merupakan dekorasi sederhana yang bisa memperindah interior ruang secara keseluruhan,” ungkap Satrio.

Supaya tampilan indoor balcony terlihat mewah dan elegan, Anda bisa menambahkan dekorasi gorden lengkung serta velvet upholstery pada jeruji railing . Tak hanya sekadar penambahan pemanis untuk railing pada balkonnya, bahan pembentuk material untuk railing pun harus Anda perhatikan.

Karena letak balkon yang setengah menggantung, fondasi dan material dalam pembuatan balkon seharusnya menjadi pertimbangan pertama, terutama pada aplikasi balkon indoor. Walaupun ditujukan untuk aplikasi dekoratif, balkon indoor harus didesain dengan seksama.

Sumber : okezone.com

SHARE

LEAVE A REPLY